Selasa , 11 Desember 2018
Home / Berita Pendidikan / Yogyakarta Gunakan Satelit untuk PPDB SMP Tahun Ini
PPDB-DKI-Jakarta-Ini-Jadwal-Pelaksanaannya
Ilustrasi: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Yogyakarta Gunakan Satelit untuk PPDB SMP Tahun Ini

Edupost.id – Sistem pengukuran jarak udara akan diterapkan dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 dengan sistem zonasi di Kota Yogyakarta.

Dinas pendidikan setempat melakukan pengukuran jarak melalui udara dengan satelit. Cara ini dipilih karena dinilai ada kepastian dan lebih obyektif.

“Kami sudah petakan mulai dari SMP 1 sampai SMP 16 dengan jarak 616 RW di Kota Jogja melalui satelit,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana.

Edy mengatakan jarak udara akan mengambil titik tengah RW sebagai sentra pertimbangan jarak alamat di kartu keluarga calon siswa. Saat PPDB nanti sekolah tinggal melihat tabel yang sudah terpetakan jarak rumah dengan sekolah SMP yang dipilih.

Meskipun diberlakukan sistem zonasi, bukan berarti nilai ujian sekolah tak berfungsi dalam PPDB. Nilai ujian sekolah digunakan untuk menentukan jika beberapa siswa dalam zonasi tertentu ingin masuk ke satu sekolah yang sama.

Dalam kondisi ini, maka yang digunakan sebagai pertimbangan adalah nilai ujian sekolah. Siswa yang memiliki nilai ujian lebih tinggi akan diprioritaskan, meskipun ada siswa lain yang juga berasal dari zona yang sama.

“Kalau jaraknya sama, yang bersaing adalah nilainya. Ini saya sampaiakan ke masyarakat agar orang patokannya tidak hanya modal zonasi saja,” terang Edy.

Terkait kuota, menurut Edy terbagi dalam tiga kategori. Untuk siswa dalam kota diberikan kuota sebesar 90 persen, termasuk siswa pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS).

Sementara 5 persen jalur khusus misalkan orang tuanya merupakan pejabat yang harus dinas di daerah yang berbeda. Sedangkan 5 persen lain untuk siswa dari luar daerah.

Jumlah SMP Negeri di Kota Yogyakarta tercatat 16 sekolah. Sementara jumlah SD Negeri yang ada 89 sekolah dengan potensi lulusan SD sekitar 7.000 siswa. (Andi)

Check Also

siswa-SMA

PPDB Diganti Zonasi, Ini Lima Perbedaannya !

Edupost.id – Skema proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun 2019 mendatang akan dihapus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=