Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Citizen Journalism / Anggota DPR Soenmandjaja : Kabupaten Bogor Jadi Provinsi Sendiri
Anggota DPR RI Dapil Jabar V (Kabupaten Bogor) Soenmandjaja

Anggota DPR Soenmandjaja : Kabupaten Bogor Jadi Provinsi Sendiri

Cigombong – Wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya kembali muncul ke permukaan. Saat berdialog dengan masyarakat Tugujaya Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Senin (28/3), anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar V (Kabupaten Bogor), Soenmandjaja mengatakan, secara demografis jumlah penduduk Kabupaten Bogor sangat besar sehingga layak menjadi provinsi.

“Dengan 5 juta jiwa penduduk, itu setara dengan penduduk sebuah negara di Eropa. Untuk efektivitas pelayanan masyarakat, idealnya Kabupaten Bogor menjadi provinsi tersendiri,” ujar politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Lebih lanjut Soenman mengatakan, sebelum UU No. 5 Th. 1974 Tentang Pemerintahan Di Daerah lahir,  Bogor merupakan salah satu karesidenan di antara lima karesidenan di Provinsi Jawa Barat. Ketika itu Karesidenan Bogor meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kotamadya Bogor.

“Mengingat unsur-unsur pembentukan sebuah provinsi dan urgensi pembentukannya, bisa saja diusulkan studi ke arah pembentukan Provinsi Bogor Raya,” ujarnya.

Menurut Soenman, selain empat daerah eks Karesidenan Bogor, bisa juga dimasukkan sebagai bagian dari Provinsi Bogor Raya adalah Kota Sukabumi dan Kota Depok. Sedangkan Kabupaten Bogor yang ada saat ini sebetulnya bisa dimekarkan menjadi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bogor (wilayah) Barat, Kabupaten Bogor (wilayah) Timur, dan Kabupaten Bogor (wilayah) Selatan. Namun semua itu harus mealui studi yang akurat dengan mempertimbangkan berbagai hal termasuk daya dukung sumber daya alam.

Soenman menambahkan, pembentukan Provinsi Bogor Raya didasari beberapa pertimbangan, seperti kedudukannya sebagai penyangga Ibukota Negara RI. Juga rentang kendali Pemerintahan yang terlalu luas untuk provinsi Jawa Barat saat ini. Sebagai provinsi penyangga ibukota, Provinsi Bogor Raya bisa saja menyertakan Kota dan Kabupaten Bekasi.

Check Also

IPB Raih Anugerah Kerjasama Peneliti Asing Terbaik

IPB Raih Anugerah Kerjasama Peneliti Asing Terbaik

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Anas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *