Senin , 29 Mei 2017
Home / Citizen Journalism / DGB IPB Gelar Konferensi Ketersediaan Pangan Nasional
DGB IPB Gelar Konferensi Ketersediaan Pangan Nasional
DGB IPB Gelar Konferensi Ketersediaan Pangan Nasional

DGB IPB Gelar Konferensi Ketersediaan Pangan Nasional

Edupost.id- Dewan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (DGB IPB) menggelar konferensi pers dengan tema “Kebijakan Pembangunan Pertanian di Indonesia Integrasi Kebijakan Nasional untuk Menjawab Permasalahan Kedaulatan Pangan Nasional”. Ketua DGB IPB, Prof. Dr. Muh. Yusram Massijaya menyampaikan, DGB IPB berkewajiban mendukung dan membantu pemerintah terutama terkait dengan ketersediaan bahan kebutuhan pangan.

Perguruan tinggi pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia dengan membantu daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, khususnya bidang pertanian, dan industri yang berdaya saing tidak hanya secara lokal, tetapi harus pula mampu bersaing di pasar internasional.

“Mempertahankan pertanian tidak dapat dilepaskan dari upaya perlindungan lingkungan hidup, baik yang terkait dengan pengendalian hama dan penyakit maupun penyediaan air pertanian. Kini konversi lahan pertanian dan kerusakan sumberdaya alam merupakan persoalan sangat serius yang mengancam penyediaan pangan dan keberlanjutan pertanian Indonesia di masa depan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Guru Besar IPB bidang Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian (Faperta) IPB, Prof.Dr. Dwi Andreas Santoso menyampaikan, perguruan tinggi pertanian merupakan posisi yang sangat strategis dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang dapat diandalkan dalam membangun perekonomian bangsa dalam sektor pertanian untuk saat ini dan akan datang. Prof Andreas mengatakan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional, seyogyanya pemerintah dapat menjalankan transformasi maupun integrasi kebijakan nasional, antara lain dengan menempatkan petani sebagai subyek utama penerima manfaat melalui kebijakan ekonomi dan fiskal; kepastian atas peningkatan akses dan hak atas lahan; penyelamatan fungsi lingkungan sumberdaya alam; serta perbaikan tata kelola (governance) pertanian dan pemanfaatan sumberdaya alam dengan outcome ke arah yang sama, yaitu kedaulatan pangan nasional sebagai integrated performance pembangunan.

Dalam acara ini disimpulkan bahwa ketahanan pangan harus diperhatikan oleh pemerintah secara serius, karena masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengonsumsi pangan. Berbagai upaya harus dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah ketahanan pangan sekaligus masalah kemiskinan, diantaranya adalah melakukan strategi yang mampu meningkatkan ketahanan pangan. Berbagai strategi itu diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Beberapa faktor yang terkait dalam peningkatan ketahanan pangan nasional adalah sumberdaya alam, sumberdaya manusia, konsumsi pangan, dan penyuluhan.

Turut hadir dalam konferensi pers DGB IPB ini ialah Guru Besar Fakultas Pertanian IPB, Prof.Dr. Hariadi Kartodiharjo, dan Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB, Prof. Budi Mulyanto.(Awl)

Check Also

mahasiswa IPB jadikan rambut manusia untuk suburkan tanah

Mahasiswa IPB Suburkan Tanah dengan Rambut Manusia

Edupost.id – Salon dan tempat pangkas rambut menghasilkan sejumlah sejumlah besar limbah rambut manusia yang belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *