Minggu , 11 Desember 2016
Home / Citizen Journalism / Dosen IPB Raih Penghargaan ISSAAS 2016
Dosen IPB Raih Penghargaan ISSAAS 2016
Dosen IPB Raih Penghargaan ISSAAS 2016

Dosen IPB Raih Penghargaan ISSAAS 2016

Edupost.id- Prestasi gemilang tingkat internasional kembali ditorehkan Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB). Dosen Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, Siti Jahroh, PhD meraih penghargaan sebagai International Society for Southeast Asian Agricultural Sciences (ISSAAS) Young Scientist Award 2016. Penghargaan ini diberikan dalam acara ISSAAS International Congress and Scientific Meeting 2016 di Vietnam National University of Agriculture (VNUA),  Vietnam, Sabtu (5/11).

ISSAAS merupakan himpunan profesi untuk para ilmuwan pertanian di Asia Tenggara dan Jepang yang didirikan pada tahun 1994. Setiap tahunnya ISSAAS mengadakan kongres dan seminar ilmiah di negara-negara anggota seperti: Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam yang digilir setiap dua tahun. Tahun ini acara itu diselenggarakan ISSAAS Vietnam Chapter pada tanggal 4 – 7 November 2016. Tahun 2015 ISSAAS memberikan penghargaan kepada akademisi dari Tokyo University of Agriculture (TUA), Jepang.

Tahun ini, berkat dedikasinya sebagai anggota aktif di ISSAAS, ia diajukan oleh ISSAAS Indonesia Chapter untuk mengikuti seleksi ISSAAS Young Scientist Award, kemudian diseleksi oleh Komite Award dan  disetujui Executive Board ISSAAS.

Disamping itu, ISSAAS memberikan dua penghargaan lainnya untuk kategori Matsuda Awards yang pernah diberikan kepada Rektor IPB tahun 2015 dan kategori Scientific Awards.

“Dalam seleksi ini tidak ada karya spesifik yang diikutsertakan, tetapi ada kriteria khusus seperti usia maksimal 40 tahun diantaranya : minimal dua tahun menjadi anggota ISSAAS,  aktif dalam penelitian dan publikasi karya ilmiah baik di Jurnal ISSAAS maupun publikasi lainnya,” kata Siti Jahroh.

Sejauh ini, lulusan doktor dari Tokyo University of Agriculture ini telah menghasilkan 13 karya dari hasil penelitiannya dan  19 publikasi karya ilmiah dengan empat diantaranya publikasi di Jurnal ISSAAS.

Wanita kelahiran 26 November 1977 ini mulai bergabung dengan ISSAAS sejak tahun 2002 di Jepang, kemudian kembali ke Indonesia dan bergabung dengan ISSAAS Indonesia Chapter sebagai Local Coordinator untuk Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang. Saat ini ia menjadi Country Editor Indonesia yang bertugas untuk mengedit dan mereview jurnal yang akan publikasi di Jurnal ISSAAS.

Atas pencapaiannya ini, dosen yang juga aktif mengajar di Sekolah Bisnis IPB merasa termotivasi untuk terus berkarya dalam bidang pertanian secara khusus dan umum. Sesuai dengan harapan IPB untuk mengembangkan Sekolah Bisnis, ia akan terus melakukan penelitian-penelitian bisnis, terutama food business baik dari sisi model business maupun daya saing bisnis.

Banyak pengalaman yang ia dapatkan sejak menjadi anggota aktif di ISSAAS, terutama belajar dan saling tukar pengalaman dalam bidang pertanian secara luas. Dari pengalaman ini  ia  ingin mengembangkannya di IPB dan Indonesia untuk kemajuan pertanian.

“Saya berharap IPB dapat berkontribusi lebih luas. Tidak hanya dikenal sebagai kampus pertanian dengan inovasi dan teknologinya yang sudah banyak dikembangkan, tetapi juga terkenal dalam sisi bisnisnya dengan menghasilkan entrepreneur-entrepreneur Indonesia, khususnya food business,” pungkasnya. (IM)

 

Check Also

HA IPB Serahkan Beasiswa Bagi Mahasiswa IPB

HA IPB Serahkan Beasiswa Bagi Mahasiswa IPB

Edupost.ID- Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) menyerahkan Beasiswa Alumni IPB Peduli sebesar Rp …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *