Sabtu , 25 November 2017
Home / Citizen Journalism / KB-TK IT Nurul Fikri Belajar Bertani

KB-TK IT Nurul Fikri Belajar Bertani

SIDOARJO – Tidak kurang dari 140 siswa KB-TK IT Nurul Fikri Sidoarjo mengikuti acara outbond dan mengenal alam perdesaan di Wisata Desa Dlanggu, Mojokerto, Senin (1/2). Bagi anak TK di komplek perumahan, menanam padi di sawah dan menangkap ikan lele di kolam bisa jadi menjadi akitivas yang jarang dilakukan.

Sejak pukul 06.00 WIB mereka sudah berkumpul di sekolah yang berlokasi di Graha Asri Sukodono itu. Mereka berangkat dengan menggunakan lima bus tanpa didampingi para orangtua. Pihak sekolah memang ingin agar para siswa beraktivitas hanya bersama teman dan guru-gurunya.

Setelah sekitar satu jam perjalanan, sampailah di lokasi yang cukup sejuk itu, anak-anak sudah siap dengan seragam olahraga diajak senam oleh beberapa instruktur. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kelas. Tiap kelas terdiri 15 anak, didampingi dua guru dan satu instruktur. Dengan ceria mereka mengikuti gerakan yang yang dicontohkan.

Para siswa diajari dan dijelaskan cara menanam padi. Mulai mengambil benih, memegang, hingga menanam padi yang benar. Berbagai aksi lucu dilakukan siswa. Saling bermain air, melempar lumpur dan sebagainya. Kontan saja seragam olahraga warna ungu mereka kotor seketika. Namun, untuk belajar, mereka tetap berani kotor.

Kepala KB-TK IT Nurul Fikri Sidoarjo, Jamilatun Heni Marfu’ah S.Kom mengatakan bahwa kegiatan turun langsung di perdesaan ini berkaitan dengan tema pembelajaran.“Tema kami adalah mengenal alam perdesaan. Di desa kan identik dengan pertanian dan peternakan. Kami ingin anak-anak praktik langsung, bukan hanya teori yang sulit dimengerti.”

Menangkap lele di kolam berlumpur pun menarik. Setelah mencebur ke kolam, anak-anak ke sana-ke mari mengejar ikan lele yang sesekali muncul di permukaan. Memang airnya tidak terlalu banyak.“Oh licin sekali. Tadi dapat tapi lepas. Akhirnya dapet juga,” kata Regi, siswa TK A.

Pengirim : Joko Susanto

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *