Minggu , 11 Desember 2016
Home / Citizen Journalism / Mahasiswa IPB Kembangkan Inovasi Sport Drink Olahragawan
Mahasiswa IPB Kembangkan Inovasi Sport Drink Olahragawan
Mahasiswa IPB Kembangkan Inovasi Sport Drink Olahragawan (foto: IPB)

Mahasiswa IPB Kembangkan Inovasi Sport Drink Olahragawan

Edupost.ID- Latihan fisik berat pada olahragawan umumnya dapat menyebabkan kerusakan otot. Indikator terbesar dari kerusakan otot yang terjadi setelah latihan tersebut adalah rasa nyeri otot dan ketidaknyamanan yang cukup lama setelah melakukan latihan kekuatan, kondisi ini dapat membatasi pelaksanaan latihan berikutnya. Di samping itu dampak kerusakan otot juga dapat menurunkan kemampuan kekuatan otot maksimal.

Dalam proses pemulihan kerusakan otot, salah satu zat gizi yang berperan utama adalah protein, branched chain amino acids (BCAA) atau asam amino rantai bercabang yaitu leusin, valin, dan isoleusin merupakan asam amino yang penting bagi para atlet dan individu yang aktif, karena digunakan dalam metabolisme energi dalam kerja otot. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk mempercepat proses pemulihan khususnya melalui pengaturan gizi.

Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Yeni Katon Rahmawati Sujarnoko (Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan), Jembar Pambudi (Departemen Biokimia) dan Opal Priya Wening (Departemen Teknologi Industri Pertanian) mengembangkan inovasi “Branched Chain Amino Acid Sport Drink” untuk mengoptimalkan potensi BCAA yang sudah ada dan membantu mensubtitusi BCAA dengan bahan yang menyerupai metabolisme dalam tubuh.

Pengembangan bahan sport drink subtitusi BCAA didasarkan oleh kemampuan mikroorganisme yang mampu merombak beberapa jenis protein. Bahan yang berpotensial adalah tempe yang merupakan produk olahan kedelai melalui proses fermentasi dengan penambahan Rhizopus oligosporus dan salah satu sumber protein yang cukup potensial. Tempe mempunyai komposisi gizi dan non gizi seperti isoflavon yang lebih baik dibanding kedelai, asam amino BCAA (valin, leusin, isoleusin) yang tinggi dibanding dengan asam amino yang lainnya. Selain itu penambahan pisang yang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium menjadikan produk ini memiliki nilai lebih yang dapat memaksimalkan manfaat BCAA Sport  drink ini.

Kandungan kalium yang dimiliki pisang memiliki peranan yang penting untuk tubuh sebagai elektrolit intraseluler utama (kation) dalam tubuh dan dipertahankan konsentrasinya oleh transpor aktif. Kekurangan kalium atau hipokalemi dalam tubuh akibat olahraga berlebih pada atlet akan menyebabkan dehidrasi dan kontraksi otot tidak stabil dalam jangka panjang. Kedua bahan tersebut diformulasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan asupan tubuh.

Saat ini telah dikembangkan prototype dari produk ini yang telah dihitung nilai kalorinya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh atlet atau olahragawan dan telah melalui uji organoleptik. Rencana ke depannya akan mencoba dilakukan pengujian lebih lanjut seperti umur simpan, penyempurnaan formulasi, daya efek terhadap pemulihan kerusakan otot dan kelayakan komersial.

BCAA sport  drink ini telah berhasil menjuarai (Juara III) dalam kegiatan REACTION (Research of Applied Chemistry Competition) salah satu dari serangkaian event Chemistry Week 8 dengan tema “Sustainable Innovation that Sinergizes Chemistry as a Solution for Global Energy Demands and Enviromental Problems” yang merupakan sebuah kompetisi dimana mahasiswa se-Indonesia dapat menuliskan gagasan dengan menggunakan aplikasi ilmu kimia dan membuat prototype dari gagasan tersebut sebagai solusi untuk menyelesaikan sebagian permasalahan di Indonesia. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang tahun ini digelar pada tanggal 24-25 September. (RF)

Check Also

Alumni ITS Kelola Kardus Jadi Kursi Dus Duk Duk

Edupost.id- Salah satu alumni Departemen Desain Produk Industri Despro ITS, Angger Diri Wiranata dan kawan-kawan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *