Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Citizen Journalism / Mahasiswa IPB Kembangkan Perekonomian dengan Gula Aren
Mahasiswa IPB Kembangkan Perekonomian dengan Gula Aren
Mahasiswa IPB Kembangkan Perekonomian dengan Gula Aren (foto: IPB)

Mahasiswa IPB Kembangkan Perekonomian dengan Gula Aren

Edupost.id- Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Fitri Rosadela, Yusrizal dan Bagas Adji Prabowo meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 1st  Undiksha Writing Contest (LKTIN 1st  UWEST dengan mengangkat gagasan “Gula Kita”. Kegiatan yang diselenggarakan  Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali ini bertajuk “Inovasi Mahasiswa dalam Mengembangkan Perekonomian Domestik melalui Peningkatan Sumber Daya yang Berkearifan Lokal” pada (22-25/9).

“Gula Kita” merupakan konsep pengelolaan agribisnis gula aren dan kelapa sebagai produk gula unggulan menuju Indonesia emas 2045. Kondisi gula aren dan  kelapa Indonesia saat ini masih perlu perbaikan supaya dapat bertahan dan bersaing dengan produk gula impor baik itu dari segi kualitas dan kuantitas. Oleh karena itu, perlu inovasi dan program nyata untuk pengembangan gula Indonesia,” kata Fitri.

Konsep “Gula Kita” dibentuk agar tercipta kekuatan sistem agribisnis dari hulur sampai hilir, sehingga nantinya gula aren dan kelapa dapat menjadi produk gula unggulan Indonesia berdaya saing internasional.

Dalam konsep “Gula Kita” disusun  program pengembangan melalui peningkatan dan pelatihan sumber daya manusia, inovasi produk, pengemasan, penanganan produk dan pemasaran, sehingga produk gula kelapa dan aren Indonesia meningkat kualitasnya. “Konsep ini melibatkan stakeholder seperti petani gula, pemerintah, dan pelaku bisnis,” lanjut Fitri.

Fitri dan tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat  khususnya kelompok petani gula aren dengan cara pendekatan  terarah yang ada di Kampung Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten  Bogor. Daerah tersebut dipilih karena daerah penghasil gula aren yang cukup besar dan cocok dijadikan salah satu tujuan agribisnis gula aren dengan konsep social entrepreneur. Fitri dan tim juga membuat media sosial untuk  promosi produk “Gula Kita” dan menyiapkan prototype dengan berbagai varian packaging yang menarik untuk didistribusikan ke masyarakat.

“Dengan konsep tersebut, kami berharap bisa memperbaiki taraf ekonomi petani gula melalui perbaikan sistem distribusi gula di masyarakat. Seperti tagline produk kami “Gula Kita”: A Gift from Indonesia to the World. Kami ingin menjadikan produk ini sebagai hadiah dari kami, mahasiswa pertanian Indonesia sebagai persembahan untuk dunia,”ungkap Fitri. (reza)

Check Also

Daun Sukun Bisa Atasi Penyakit Ginjal dan Jantung

Daun Sukun dapat Atasi Penyakit Ginjal dan Jantung

Edupost.ID- Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Suhartono dan Retno Wulandari, mengembangkan obat herbal berupa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *