Senin , 27 Maret 2017
Home / Citizen Journalism / MAN Maguwoharjo Lancarkan Ujian Nasional Difabel

MAN Maguwoharjo Lancarkan Ujian Nasional Difabel

Yogyakarta – Di salah satu kamar MAN Maguwoharjo Yogyakarta terdapat suasana yang berbeda. Hanya ada satu foto 3×4 yang tertempel di pintu. Sekitar 4 orang mengerumuni lembar soal ujian nasional. Seorang yang mengenakan seragam abu-abu putih di dalam sana bernama Deni Septya Nugroho Beberapa orang di sampingnya adalah guru pendamping khusus yang disediakan oleh Dikpora untuk membantu membacakan soal ujian nasional Deni. Meski tunanetra, Deni tetap mengahadapi ujian nasional.

Pada hari Selasa (14/4), mata pelajaran yang harus dihadapi Deni adalah matematika. Banyak hitungan di sana. Jauh-jauh hari Deni telah mempelajari semua bab bersama teman-teman jurusan IPS di MAN Maguwoharjo. Jika ada hal yang belum dipahami Deni, ia tak ragu bertanya kepada guru. Hari ini Deni siap bertempur. Guru pendamping khusus membacakan soal ujian untuk Deni. Sehingga tidak ada soal ujian dengan huruf braille di sana.

Pukul 09.30 Deni belum kunjung keluar. Deni ternyata mendapat bonus waktu (tambahan waktu) untuk mengerjakan soal matematika. Mendekati jam ujian kedua, Deni keluar untuk ke kamar mandi. Ia gunakan tongkatnya dengan sigap. Sreeett… bunyi yang ditimbulkan dari tongkatnya. Guru-guru di sekitar sana mengingatkan agar Deni berhati-hati, setelah tongkat Deni mengenai pintu kelas. Tapi dengan cepat dia kembali ke ruangan dan ujian kedua dimulai. Hampir tak ada waktu untuk istirahat, review materi, atau jajan di kantin.

Deni merupakan salah satu penyandang difabel yang melaksanakan ujian nasional di MAN Maguwoharjo. Selain Deni terdapat Imam Mahdi di jurusan IPS dengan low vision-nya. Imam Mahdi bukan tidak dapat melihat. Ia masih bisa melihat, hanya saja sedikit sekali. Tulisan yang bagi kita berukuran normal, terasa kecil bagi Imam Mahdi. Maka soal ujian Nasional yang dia kerjakan diperbesar ukuran hurufnya dan menempati kelas yang sama dengan teman-teman sekelasnya.

Nur Fitriatus. S

Check Also

ujian nasional

UN Tetap Penentu Kelulusan Peserta Pendidikan Kesetaraan

Edupost.id – Ujian Nasional yang akan dilaksanakan tahun ini tetap menjadi penentu kelulusan bagi peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *