Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Citizen Journalism / Penemu Diabetrin IPB Dapat Beasiswa LPDP Afirmasi
Penemu Diabetrin IPB Terima Beasiswa LPDP Afirmasi Prestasi
Penemu Diabetrin IPB Terima Beasiswa LPDP Afirmasi Prestasi(foto:IPB)

Penemu Diabetrin IPB Dapat Beasiswa LPDP Afirmasi

Edupost.Id- Kaisar Akhir, alumni Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) berbagi cerita kesuksesannya meraih Beasiswa Afirmasi LPDP kategori Prestasi Nasional/Internasional periode (batch) ke-3 tahun 2016. Penemu Diabetrin, krim penyembuh luka diabetes dari limbah perikanan ini mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S2 di Australia di bidang kemaritiman khususnya terkait manajemen kelautan.

“Untuk mendaftar program beasiswa Afirmasi jenis Prestasi Nasional/Internasional, peserta seleksi diharuskan memiliki prestasi skala nasional atau internasional. Alhamdulillah, berkat kuliah di IPB, saya pernah memiliki prestasi yakni The 2nd Best Participant of Marine Science and Technology Training Course IPB 2016, Juara 1 Bidang Kesejahteraan Rakyat Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa tingkat Nasional tahun 2013 Kemendikbud RI, Medali Perunggu Kategori Presentasi PKM-Gagasan Tertulis PIMNAS XXV tahun 2012 Kemendikbud RI, dan Juara 4 Bidang Kelautan Lomba Karya Tulis Kemaritiman di Universitas Hasanudin (Unhas), ditunjang dengan prestasi sebagai Peringkat 3 Mahasiswa Berprestasi IPB Program Sarjana tahun 2014 dan 2015,” paparnya.

Menurutnya, selain prestasi, peserta seleksi juga diminta untuk mencantumkan pengalaman riset, publikasi ilmiah, organisasi, dan penghargaan yang pernah diraih.

“Beberapa Penghargaan yang pernah saya raih yaitu Curious Mind Award yang diberikan oleh PEMSEA saat 4th Youth Forum, East Asian Seas (EAS) Congress 2015 di Vietnam dan Finalis Inovasi IPTEK Pemuda tingkat Nasional, Kemenpora RI tahun 2015,” terangnya.

Akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pada tanggal 9 September 2016, Kaisar mendapatkan pengumuman bahwa ia lolos seleksi substansi Beasiswa Afirmasi LPDP melalui e-mail.

“Saya berharap kesempatan ini menjadi bekal saya dalam rangka turut serta mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Impian saya setelah lulus S2, dapat menjadi salah satu manajer Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu di Pulau-Pulau Kecil Terluar Indonesia,” pungkasnya.(zul)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *