Senin , 20 Februari 2017
Home / Citizen Journalism / Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale Pembekalan Karir Pra Wisuda”, di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Darmaga, Bogor (16/1).  Pembekalan karir kali ini menghadirkan Ahmad Yunianto dari Biru Peduli Foundation dan Chairu Fariandini selakupemilik Rumah Que Que.

Direktur DPKHA IPB, Dr. Syarifah Iis Aisyah menyampaikan bahwa kita tidak bisa membendung tenaga kerja asingmasuk ke Indonesia. Meski demikian, ujarnya, salah satu yang bisa membendung tenaga asing tersebut adalah dengan profesionalisme dan bersaing untuk saling meningkatkan prestasi, mulai dari penguasaan Bahasa Inggris, hardskill dan softskill.

Sementara itu, Ahmad Yunianto menyampaikan ilmu yang telah diraih di IPB sangat ditunggu oleh masyarakat petani. “Ilmu harus diamalkan dan dibumikan. Lulusan IPB harus bisa membantu petani meningkatkan produksi pertaniannya,” ujarnya.

Ia menambahkan  bahwa  berdasarkan pengalamannya, alumni IPB sangat kompeten. “Rata-rata alumninya memiliki peran penting dan mempunyai posisi yang strategis,” imbuhnya.

Lebih lanjut  Ahmad Yunianto mengulas tentang  jiwa kepemimpinan. Menurutnya, jiwa kepemimpinan merupakan mindset  untuk melayani. Selain itu, memiliki  kemampuan untuk beradaptasi, sehingga dapat menyesuaikan dimanapun posisi yang diberikan. “Orang-orang seperti ini memiliki kemampuan komunikasi efektif, mampu memecahkan masalah, dan memiliki kemampuan action oriented,” pungkasnya.

Check Also

Mahasiswa IPB Menerima Beasiswa Credit Earning

Mahasiswa IPB Terima Beasiswa Creadit Earning

Edupost.id- Sebanyak 10 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima beasiswa untuk Credit Earning di beberapa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *