Senin , 23 Januari 2017
Home / Citizen Journalism / Sekolah Inovatif Bayan Juarai Kontes Roket Air se-DIY Jateng

Sekolah Inovatif Bayan Juarai Kontes Roket Air se-DIY Jateng

YOGYAKARTA – Sukmo Aji Wijayanto, siswa Sekolah Inovatif SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo berhasil menjuarai kontes roket air tingkat DIY-Jateng. Siswa kelas VII ini meraih juara pertama untuk kategori B yaitu Sasaran tembak Yunior dengan point 0,42 m dari titik pusat sasaran (42 cm dari titik pusat sasaran). Lomba yang digelar Taman Pintar Yogyakarta, beberapa waktu lalu ini diikuti siswa SMP dan SMA se-Jawa Sumatera.

Akhmad Maulidin, Pembimbing siswa Sekolah Inovatif mengatakan, timnya memerlukan waktu sepekan untuk mempersiapkan diri. Selain karena merupakan penampilan pertama kalinya juga untuk menghasilkan roket air yang sesuai harapan membutuhkan perhitungan matang baik dari sisi teknis maupun nonteknis. Sehingga dalam perlombaan kali ini baru dapat tampil 2 tim junior yaitu Sukmo Aji Wijayanto dan Dwi Fitri Rahayu.

“Semoga dengan hasil ini dapat semakin memotivasi dan memberikan semangat untuk terus berkarya bagi siswa yang lainnya juga baik dari internal Sekolah Inovatif maupun sekolah-sekolah lain di Kabupaten Purworejo khususnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar, Yunianto Dwi mengatakan, dari total 188 tim yang mengikuti kontes 122 tim mengikuti kontes kategori tembak sasaran junior tingkat SMP dan 66 tim sisanya mengikuti sasaran tembak senior tingkat SMA.

“Jumlah peserta tahun ini meningkat signifikan. Tahun lalu peserta sebanyak 115 tim dan tahun ini mencapai 187 tim. Skalanya juga lebih luas dan nasional karena tahun ini diikuti tim dari Sumatera yaitu dari Palembang,” ucap Yunianto.

Krisna selaku Ketua Panitia menyebutkan, pelaksanaan lomba ini telah berjalan ke-7 kalinya sejak tahun 2008 yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Agenda kali ini mengangkat tema Partisipasi Aktif Pelajar Mendukung Kemajuan Teknologi Kedirgantaraan Indonesia,” ungkapnya.

(SMP Muh Jono/IK-SS)

Check Also

kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *