Minggu , 22 Januari 2017
Home / Citizen Journalism / Sepenggal Cerita Juarai Lomba Web Sekolah Terbaik Nasional UNAIR

Sepenggal Cerita Juarai Lomba Web Sekolah Terbaik Nasional UNAIR

Jakarta – Tanggal 6 Nopember 2014, Universitas Airlangga mengadakan kegiatan Konferensi Nasional Guru Blogger (KNGB) 2014. Dalam acara tahunan ini, akhirnya saya, Teguh Firman S, mampu menunjukkan eksistensi saya dalam dunia informasi dan komunikasi, pada cabang lomba website sekolah. Saya berhasil meraih Juara Terbaik Nasional dengan alamat website smpssmpymik-ggp.sch-id.net. Dan menariknya lagi, sekolah saya SMP YMIK Joglo Jakarta Barat adalah satu-satunya yang mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam pagelaran lomba tersebut.

Telah lama berselang dari kegiatan lomba tersebut, namun baru sempat sekarang ini saya menuliskan cerita pengalaman mengikuti gelaran KNGB UNAIR 2014 itu. Berikut ini saya akan membagi pengalaman saya yang pertama kali mengikut KNGB namun dengan hasil yang sangat memuaskan.

Baiklah untuk kisah yang pertama adalah ketika saya mengikuti salah satu lomba website sekolah. Saya memulai dengan menjadi operator website di sekolah yang saya tempati, dan bertekad mengikuti jejak dari pemenang sebelumnya seperti SMAN 16 Surabaya, MTsS Lengkong, Muhammadiyah Kediri, dst. Saya sangat terpacu dan semangat untuk menjadikan sekolah saya juga lebih baik lagi.

Website ini akan saya gunakan dengan platform blogger dan berikutnya mengajukan nama domain/website kepada Kepala SMP YMIK, Bpk. Haris, S.Ip, M.Pd. Saya menghadap dengan menunjukkan bahwa setiap sekolah setidaknya harus memiliki website guna menyampaikan informasi dan komunikasi kepada khalayak luas dan juga membantu program sekolah. Ide ini akhirnya disetujui, dan saya memulai proses membuat website sekolah.

SMP YMIK dibawah naungan Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) merupakan sekolah swasta yang berada di lingkungan Jakarta Barat. Bermodalkan postingan berita pendidikan, artikel pendidikan, motivasi, dan peliputan kegiatan sekolah (saya pribadi sangat mengapresiasi kegiatan untuk menulis berita dan semuanya ditampilkan bahwa sekolah ini baik, dan tentunya pengalaman sebagai jurnalistik saya kembali terasah  ketika harus menjadi ujung tombak penyampaian informasi dan komunikasi dari sekolah menengah pertama ini) akhirnya dimulailah pembuatan blog sekolah. Tidak berhenti sampai disitu perjuangan saya, tahun 2012 saya membuat platform blog sekolah dari UNAIR, lalu beralih tahun 2014 ke blog guru unair yang beralamat di http://bimbingankonseling.guru-indonesia.net.

Semoga tahun 2015 ini, bisa menjadi juara kembali dalam dunia blogger. Saya juga sudah mengikuti beberapa agenda kegiatan lainnya, seperti Workshop Office 365 by KNGB UNAIR 2014, Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional (KSGN) bersama Indosat sebagai perwakilan SMP YMIK, dan mengikuti beberapa lomba menulis di blog dan diapresiasikan sebagai juara IV menulis di blog guru dengan tema “menjadi guru yang menginspirasi“.

Teguh Firman S,
Juara Terbaik Nasional Cabang Lomba Website Sekolah KNGB UNAIR 2014

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *