Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Citizen Journalism / The Real Warrior, BEM KM UNY Gelar Sekolah Kepemimpinan “The Leader Academy”

The Real Warrior, BEM KM UNY Gelar Sekolah Kepemimpinan “The Leader Academy”

Mahasiswa adalah pemuda, yang harapan akan perbaikan Indonesia tersemat di pundaknya. Tidak hanya banyak bicara, namun dituntut untuk memberikan kontribusi nyata.

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, melalui sebuah sekolah kepemimpinan dengan nama The Leader Academy (TLA) berusaha menyalurkan kontribusi mahasiswa UNY untuk perbaikan bangsa.

Setelah sebelumnya sukses melaksanakan agenda The Leader Academy yang berupa Stadium General (13/10), Perkuliahan TLA (27/10) dan TLA Camp pada 9, 10, 11 November lalu, kini saatnya para peserta The Leader Academy dituntut untuk menunjukkan pengabdiannya kepada masyarakat melalui KKN TLA.

Pada hari Sabtu, 8 Desember 2012, Kelompok Garuda yang beranggotakan empat orang, Lingga Fajar (Pendidikan Bahasa Jawa 2011), Ratna Candra Wulaningtyas (Pendidikan Akuntansi 2012), Hanifah Nur ‘Izzati (Pendidikan Akuntansi 2012) dan Ade Karunia (Akuntansi 2012) memberikan kontribusi nyata di bidang pendidikan. Dalam agenda KKN TLA ini, Kelompok Garuda mengadakan dua kegiatan di Desa Hargorejo, Kokap, Kulon Progo Yogyakarta.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah Nonton Bareng dan Diskusi Film. Kegiatan ini dimulai pukul 11.00 bertempat di MI Ma’arif Kokap dan diikuti oleh siswa-siswi mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI. Selain sebagai hiburan karena pelaksanaannya bertepatan dengan berakhirnya Ulangan Akhir Semester Gasal, pemutaran Film “Tanah Surga Katanya” ini bertujuan untuk melaksanakan pendidikan karakter untuk siswa SD/MI melalui diskusi film yang bertema nasionalisme tersebut.

Kegiatan kedua adalah Try Out Ujian Nasional yang dilaksanakan mulai pukul 13.00 di SMP Negeri 1 Kokap, diikuti oleh seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 155 siswa. Kelompok Garuda berupaya memberikan andil yang sebesar-besarnya dalam rangka ikut berpartisipasi menyukseskan Try Out UN SMP 2013, sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN). Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan metode simulasi yang sesungguhnya agar secara psikologis para siswa SMP dapat merasakan dan mempunyai gambaran tentang bagaimana ujian tersebut berlangsung.

Dengan diadakannya agenda KKN TLA ini, diharapkan para mahasiswa sebagai pemuda yang mengemban tugas mulia memperbaiki bangsa, akan tergerak hatinya untuk memberikan kontribusi-kontribusi dalam bentuk dan bidang yang lain sebagai wujud nyata pengabdiannya kepada masyarakat.

The Real Warriors, tunjukkan aksimu!

Ratna Candra Wulaningtyas
Jurusan Pendidikan Akuntansi, UNY

Check Also

UPN Veteran Yogyakarta

129 Dosen UPN Veteran” Yogyakarta Terindex SINTA

Edupost.id – Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K.M.Sc mengatakan, 129 dosen UPNVY …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *