Senin , 5 Desember 2016
Home / Citizen Journalism / UGM Siapkan 12 Tim Untuk Kompetisi Gemastik 2016
UGM siapkan 12 Tim Kompetisi Gemastik 2016
UGM siapkan 12 Tim Kompetisi Gemastik 2016 (foto : UGM)

UGM Siapkan 12 Tim Untuk Kompetisi Gemastik 2016

Edupost.id – Gabungan komonitas mahasiswa TIK (komatik) siap bertanding dalam laga final Pagelaran Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-9 di Universitas Indonesia. Dengan menyiapkan 12 tim untuk berkompetisi Selama tiga hari, 27-29 Oktober 2016, mereka akan berkompetisi dengan ratusan tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Eng., Ph.D., mengatakan UGM berhasil meloloskan 12 tim menuju Gemastik ke-9. Tim UGM yang terdiri dari 35 mahasiswa dari FMIPA, Fakultas Teknik, dan Sekolah Vokasi ini akan bertanding dalam 6 kategori lomba.  Kedua belas tim tersebut antara lain 1 tim bertanding di kategori data mining dan pengembangan bisnis TIK, 2 tim di kategori desain user experience, e-government, dan pemrograman, dan 4 tim di kategori pengembangan perangkat lunak.

“Sangat bangga tentunya karena kita bisa meloloskan 12 tim yang akan berkompetisi dalam 6 kategori dari total 10 kategori yang dilombakan,” jelasnya di Kampus UGM, Rabu (26/10) saat melepas delegasi UGM.

Gemastik merupakan kompetisi tahunan nasional bidang TIK yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Mempertandingkan 10 kategori lomba, yaitu pemrograman, pengembangan perangkat lunak, data mining, keamanan jaringan dan sistem informasi, animasi, piranti cerdas dan embedded system, desain user experience, pengembangan bisnis TIK, pengembangan aplikasi permainan, serta e-Government.

Adapun tim UGM yang berhasil lolos ke babak final tersebut adalah Bloom (Data Mining), Go Winner, User Lab (Desain User Experience), Ferari, Uopo As (E-Government), Anda, Berharap Juara (Pemrograman), mBengkel (Pengembangan Bisnis TIK), Rang-Rang, Snorlax, Vitamin B3, dan Wamallazatu Illa Ba’da Ta’abi (Pengembangan Perangkat Lunak).

Ahmad Agus menyampaikan bahwa keberhasilan UGM meloloskan 12 tim dalam Gemastik tidak lepas dari usaha pembinaan yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

“Kami berharap tahun ini UGM bisa menjadi juara dan membawa pulang piala bergilir Samyakbya-Padesa-Widya,” harapnya.

Sebelumnya, selama dua tahun terakhir UGM dipercaya menjadi tuan rumah Gemastik. Dalam kegiatan tersebut, UGM berhasil meraih peringkat kedua secara keseluruhan. (UGM)

Check Also

UGM Juarai Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Juarai Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – UGM berhasil menjuarai Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 yang dilaksanakan pada 23-26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *