Rabu , 18 Januari 2017
Home / Info Lomba / Google Science Fair, Kompetisi Sains Online untuk Pelajar se-Dunia
Google Science Fair
Google Science Fair

Google Science Fair, Kompetisi Sains Online untuk Pelajar se-Dunia

Edupost.id – Tahun ini Google akan kembali menggelar event internasional Google Science Fair 2016. Acara ini merupakan kompetisi sains online terbesar di dunia, dengan ribuan pendaftar dari berbagai negara. Google Science Fair mengundang pelajar muda, usia 13-18 tahun, dari seluruh dunia untuk membawa ide inovasi, riset, maupun proyek inspiratif mereka menuju panggung global.

Acara internasional ini bekerjasama dengan LEGO Education, National Geographic, Scientific American dan Virgin Galactic. Kompetisi ini memberikan peluang bagi anak-anak muda untuk mengejar minat dan impian mereka dalam bidang sains dan teknologi. Tema tahun ini adalah “Everything’s Better with Science.”

Tahun lalu, Google Science Fair 2015 menerima ribuan pendaftar dari 90 negara. India, Amerika, Brazil, Turki, dan Inggris menjadi lima negara dengan jumlah pendaftar terbanyak. Negara yang pada tahun lalu mengirimkan pendaftar untuk pertama kalinya adalah Slovakia, Lithuania, Bosnia, Herzegovina, dan Mesir.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung melalui situs www.googlesciencefair.com dan akan ditutup tanggal 17 Mei 2016. Semua pelajar berusia 13-18 tahun dari seluruh dunia memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini. Dari semua pendaftar yang masuk, panitia akan memilih 100 pelajar sebagai finalis regional. Kemudian akan disaring lagi menjadi 16 finalis global yang akan diterbangkan ke kantor pusat Google di Mountain View, California memasuki tahap final.

Beberapa hadiah yang diberikan tahun ini, di antaranya beasiswa US$ 50 ribu dari Google untuk mendukung edukasi Pemenang Grand Prize Google Science Fair 2016. Sementara Scientific American akan memberi US$ 15 ribu dan mentorship selama 1 tahun kepada pemenang The Scientific American Innovator award. Pemenang juga akan dibawa berlayar (cruise) menuju sebuah benua sebagai pengalaman mengeksplor sesuatu yang baru. Hadiah ini ditujukan untuk membantu pemenang mengembangkan proyek dan pendidikannya. (Andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *