Jumat , 20 Januari 2017
Home / Info Lomba / Pendaftaran Soprema 2016 Diperpanjang

Pendaftaran Soprema 2016 Diperpanjang

Edupost.id – SOPREMA (Sosiopreneur Muda) 2016 memasuki masa-masa akhir pendaftaran. Setelah batas pendaftaran diperpanjang hingga 30 Juni 2016, para peserta maupun calon peserta memiliki waktu kurang dari dua minggu untuk menyelesaikan proposalnya. SOPREMA merupakan rangkaian acara kompetisi dan expo mengenai Sosiopreneur. Acara puncak akan diselenggarakan di Grha Sabha Pramana pada 5-7 September mendatang.

Sosiopreneur (social entrepreneur) merupakan hal yang diangkat dan menjadi poin utama. Sesuai namanya, SOPREMA mengkompetisikan proposal program wirausaha sosial dari para pendaftar. Program-program ini tersegmen dalam 6 kategori berbeda, mulai dari industri kreatif, teknologi, agrikultur, public service, ekologi, serta ketahanan pangan. Para peserta dituntut mengemas program yang tidak hanya menguntungkan bagi dirinya tetapi juga bermanfaat bagi warga sekitar.

Sosiopreneur atau wirausahawan sosial merupakan para pebisnis yang tidak hanya profit oriented namun mampu memberikan kebermanfaatan dan mengangkat kehidupan orang-orang yang ada di sekitarnya. Istilah sosiopreneur ini terdengar masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun pada kenyataannya, sosiopreneur telah ada sejak dulu dan sudah diterapkan oleh masyarakat.

Contoh konsep sosiopreneurship yang tidak disadari masyarakat adalah produk GO-JEK. Bisnis start up yang dikendarai Nadhim Makarim ini merupakan bisnis yang mensejahterakan para ojek pangkalan yang sebelumnya tidak berpenghasilan tetap. Nadhim mampu menyulap bisnisnya menjadi hal yang berharga dan mengubah kehidupan masyarakat di sekitarnya.

SOPREMA, terutama kompetisinya, diharapkan mampu menarik minat para pemuda dari 34 provinsi di Indonesia dalam bidang sosiopreneurship. Kami juga berharap sosiopreneurship semakin dikenal oleh masyarakat, ujar Yuyun Wardhana selaku Koordinator Publikasi dan Media SOPREMA 2016.

Konsep-konsep sosiopreneur ini seringkali lalai dan tidak dimengerti oleh masyarakat awam. SOPREMA hadir tidak hanya untuk menaikkan gairah pemuda dalam dunia sosiopreneur melainkan juga memperkenalkan pada masyarakat mengenai konsep wirausaha sosial.

Check Also

SOPREMA 2016 Ajak Pemuda Jadi Sociopreneur

Soprema 2016, Yousure UGM Ajak Pemuda Jadi Sociopreneur

Edupost.id, Yogyakarta – Kompetisi Sociopreneur Muda (SOPREMA) 2016 merupakan Kompetisi dan Expo Sociopreneur Muda Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *