Senin , 29 Mei 2017
Home / Info Lomba / Universitas Brawijaya Gelar Kompetisi Internasional I-Challenge 2016
unbraw
Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya Gelar Kompetisi Internasional I-Challenge 2016

Edupost.id – Program Studi Teknik Kimia (PSTK) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) kembali menyelenggarakan event tahunan, Indonesia Chemical Engineering Event atau I-Challenge 2016. Tahun ini, tema yang diusung yaitu Applicable Product and Technology for Society (A-PROTECHS).

Rangkaian acara dimulai dengan pengumpulan abstrak atau poster yang berlangsung di bulan Juli dan Agustus. Kemudian karya-karya yang memenuhi kualifikasi akan dipertandingkan dan dipamerkan di bulan November mendatang.

Tahun ini, lanjutnya, menjadi awal mula diperkenalkannya kompetisi I-Challenge ke ranah internasional. “Jadi nanti akan ada International Exhibition yang terbuka untuk peserta baik dari dalam dan luar negeri,” ucapnya.

Naufal menuturkan, panitia akan mem-branding kegiatan I-Challenge melalui nama Program Studi Teknik Kimia FT-UB yang sudah cukup tenar di dalam dan di luar negeri karena telah menjuarai beberapa kompetisi serupa.

Peserta I-Challenge, lanjut Naufal, tidak dibatasi untuk mahasiswa teknik kimia saja, melainkan juga dibuka untuk mahasiswa non-teknik kimia ataupun lintas jurusan selama memiliki inovasi aplikatif untuk masyarakat luas. “Seperti tahun lalu juara 2 dari Universitas Diponegoro anggota mereka tidak dari jurusan yang sama,” terangnya.

I-Challenge 2016 mengambil sub tema Approriate Technolgy in Processing and Waste Utilization, Products and Technologies for Processing Biological Resources, dan Technology for Generating Sustainable Energy. Tahun lalu I-Challenge sukses melahirkan karya-karya inovatif seperti sampo berbusa alami SULURI, generator mini untuk keran air OASE, obat diare untuk kelinci RABALTIC, Spray pereda sakit gigi BETEL-S, pakan ternak berkualitas SUBUR, dan karya-karya lainnya. (UB/IK-SS)

 

Check Also

Simali, Inovasi Mahasiswa UB Bantu Perikanan Indonesia

Simali, Inovasi Mahasiswa UB Bantu Perikanan Indonesia

Edupost.id – Kualitas air merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan budidaya perikanan karena kehidupan ekosistem perairan mutlak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *