Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Internasional / CBIE Gelar Konferensi Pendidikan Internasional ke-49

CBIE Gelar Konferensi Pendidikan Internasional ke-49

Edupost.ID – The Canadian Bureau for International Education (CBIE) menggelar konferensi pendidikan internasional ke-49 di Niagara Falls, Ontario beberapa waktu lalu. Seperti yang dilansir The Pie News, acara tersebut bertujuan untuk membahas mobilitas dan kompetensi mahasiswa antarbudaya.

Konferensi ini juga membahas mengenai mahasiswa internasional yang menjadi fokus utama di universitas. Dalam acara ini, sejumlah pemangku kepentingan dari Sektor Internasional Pendidikan Tinggi Kanada ikut hadir dalam acara tersebut.

“Ada mitologi yang mengatakan bahwa keragaman individu di kampus akan membuat semua orang menjadi saling mengenal dan interkultural,”ujar Kyra Garson, Konsultan Internasionalisasi Universitas Thompson Rivers.

Kyra menambahkan bahwa keragaman individu di dalam kampus bisa saja menimbulkan permasalahan antar golongan. Sementara Presiden CBIE berpendapat lain, pendidikan internasional harus menjadi bagian yang terintegrasi agar menjadi pengalaman bagi pendidikan khususnya di Kanada.

“Jika kita ingin membuat pihak kampus benar-benar mengatasi tantangan global, kita perlu ikut serta dalam urusan mobilitas siswa agar mereka dapat memperoleh kesempatan pendidikan di kancah internasional,” tambah Presiden CBIE.

Allan Goodman, Presiden Institute Amerika Serikat untuk Pendidikan Internasional  berpendapat, siswa internasional tidak semua tinggal di tempat tinggal yang sama adalah langkah pertama untuk mengurangi “efek gelembung” yang dapat Terjadi di kampus-kampus dengan populasi internasional yang beragam. Hal ini bertujuan untuk mendorong mereka mengambil bagian dalam kegiatan ekstrakurikuler sehingga mereka beranggapan bahwa mereka adalah mahasiswa yang lebih dari sekedar hari seorang mahasiswa internasional di kampusnya.

Pendapat serupa diberikan oleh Francisco Marmolejo, Pimpinan Spesialis Pendidikan Tinggi Bank Dunia, saat para mahasiswa internasional datang, mereka harus dipersiapkan untuk menuju dunia international. Pihak kampus harus menyadari bahwa tidak semua dari mereka mampu beradaptasi ketika belajar di luar negeri

(Nisa)

Check Also

menumbuhkan minat baca pada anak

Ingin Anak Anda Hobi Membaca? Ikuti Langkah Ini

Edupost.id –  Semua orangtua tentu menginginkan hal terbaik untuk masa depan buah hatinya. Memiliki kebiasaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *