Jumat , 24 November 2017
Home / Internasional / Demo Guru di Meksiko Tewaskan Enam Orang
Demo-Guru-di-Meksiko-Tewaskan-Enam-Orang
Guru dari Kelompok CNET Menaruh Material yang Mudah terbakar. (Foto: maxbiznews)

Demo Guru di Meksiko Tewaskan Enam Orang

Edupost.id – Demo guru yang terjadi di Oaxaca, Meksiko mengakibatkan enam orang tewas beberapa waktu lalu. Bentrokan terjadi antara anggota serikat pekerja guru dan polisi. Demo juga menyebabkan ditutupnya jalan raya bagian selatan. Polisi mengatakan bahwa ada penyusup bersenjata yang menembak dan melemparkan bom bensin kepada petugas.

Demo itu merupakan nsiden terburuk dalam serentetan aksi protes selama beberapa bulan terakhir terhadap reformasi pendidikan. Kepala Polisi federal Meksiko, Enrique Galindo, mengatakan ada seseornag dengan topeng yang tidak berkaitan dengan serikat guru melempar bom molotov, serta menembaki polisi dan warga sipil.

“Ini jenis protes radikal yang menimbulkan kekerasan,” katanya dalam konferensi pers di ibukota negara bagian Oaxaca City.

Seperti dilansir Reuters, Gubernur negara Gabino Cue mengungkapkan jumlah korban. Ia juga menjaelaskan sebagian besar yang meninggal merupakan pemuda dan hanya dua orang yang memiliki keterkaitan dengan serikat guru.

Protes pada beberapa waktu lalu di dekat kota Nochixtlan, sekitar 50 mil (80 km) barat laut dari kota Oaxaca merupakan yang terbaru. Protes terjadi hingga menutup akses jalan raya dengan membakar ban. Kerusuhan meningkat setelah polisi sebelumnya menangkap pemimpin serikat guru lokal yaitu kepala salah satu faksi yang paling agresif dari Meksiko serikat CNTE, Ruben Nunez.

Nunez ditahan atas dugaan korupsi.  Ia juga merupakan  sekretaris jenderal Seksi CNTE ini 22 di Oaxaca, sarang perlawanan terhadap upaya pemerintah untuk mereformasi sistem pendidikan. CNTE sendiri telah memimpin upaya untuk melawan reformasi pendidikan, khususnya mandatnya untuk melaksanakan evaluasi guru. (Nisa)

Check Also

Demo-Guru-di-Meksiko-Kembali-Merenggut-Korban

Demo Guru di Meksiko Kembali Merenggut Korban

Edupost.id – Demo guru yang terjadi Juni lalu di Oaxaca, Meksiko, belum membuahkan hasil. Pasalnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *