Rabu , 20 September 2017
Home / Internasional / Hebat! Pemuda Putus Sekolah asal Sudan Ciptakan Pesawat

Hebat! Pemuda Putus Sekolah asal Sudan Ciptakan Pesawat

SUDAN- Seorang pemuda putus sekolah yang tinggal di Juba, ibu kota Sudan Selatan berhasil menciptakan sebuah pesawat. Nama pemuda itu, George Mel (23) yang telah merakit sebuah pesawat tersebut secara otodidak.

Ia sempat menempuh pendidikan hingga sekolah menengah atas. Namun, pada 2011, saat ia sedang bersiap-siap untuk menghadapi ujian akhir, ayahnya meninggal. Ia pun terpaksa putus sekolah.Namun, Mel tidak patah arang. Dia terus mempelajari bidang aeronautika secara otodidak.

“Karena saya berhenti bersekolah, saya mempunyai banyak waktu luang. Otak saya dibebaskan untuk melakukan banyak penelitian. Saya tidak hanya duduk, saya berpegang pada impian saya dan mulai mencoba mempraktikannya dan banyak membaca,”ujarnya, dikutip dari bbc.

Kemudian dengan susah payah, ia mengumpulkan bahan-bahan untuk membangun sebuah pesawat terbang, menjelajahi bengkel-bengkel di Juba untuk membuat badan pesawat dari bahan aluminium, dan mengimpor dua mesin bensin kecil untuk memotorinya.

Bahkan, ia menggunakan sebuah kursi kebun sebagai kursi pilot, ia membangun sebuah pesawat terbang dari informasi yang diperolehnya dari buku-buku pelajaran dan dari Internet.

Akhirnya Mel membawa hasil karyanya kepada Angkatan Udara Sudan Selatan. Para perwira di sana terkesan dan memberikannya pekerjaan di bagian teknologi informasi.

Sekarang ia berharap bisa meraih beasiswa untuk mempelajari teknik penerbangan di luar negeri. Salah satu ambisinya ialah mengembangkan pesawat tak berawak bagi sektor pertanian untuk menyemprot tanaman. Dalam jangka panjang, ia masih ingin merancang dan membangun pesawat berukuran besar yang bisa ditumpangi orang.

Pada ekor pesawat pertamanya, Mel melukiskan gambar bendera Sudan Selatan dan kalimat “We have a future”.

Mel, pemuda pantang menyerah yang mempunyai segudang mimpi dan keyakinan akan masa depan yang lebih baik. (RR/EI)

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *