Kamis , 21 September 2017
Home / Internasional / Ilmuwan Palestina Ciptakan Rompi yang Membantu Tunanetra Berjalan

Ilmuwan Palestina Ciptakan Rompi yang Membantu Tunanetra Berjalan

HEBRON- Mahasiswa Palestina dari Politeknik di Hebron berhasil mendisain sebuah rompi khusus untuk tunanetra. Rompi ini dirancang agar mampu mendeteksi getaran dan perintah suara yang memungkinkan seorang tunanetra bisa berjalan tanpa bantuan orang lain untuk menuntunnya ataupun tanpa menggunakan tongkat.

Alat yang disebut Smart Assist System for Blind People (SASB) ini memiliki cara kerja yang menyerupai tongkat, yang biasa digunakan oleh tunanetra.

Abdel Rahman al-Barmeel, mahasiswa pascasarjana teknik yang merancang sistem ini mengungkapkan, proyek ini sangat memberikan solusi bagi tunanetra.

Menurut Abdel, sistem dalam rompi ini dirancang agar bisa mengarahkan pemakai alat ini untuk mengikuti perintah suara atau getaran. Sistem ini juga menyediakan alarm suara yang bisa digunakan memakai baterai. Proyek ini dikembangkan dan dibawah pengawasan dekan jurusan teknik, Ramzi al-Qawasmi.

Al-Qawasmi menyebutkan, proyek ini memungkinkan tunanetra bisa berkomunikasi dan menyatu dengan masyarakat tanpa adanya hambatan. Rompi ini, lanjutnya, membuat pemakainya bisa mengikuti perintah melalui ponsel yang terhubung ke sistem.

“Proyek ini masih membutuhkan lebih banyak pengembangan dengan dukungan sponsor dan anak muda yang  berbakat,” tandasnya, seperti dilansir reuters.

Ayoub al-Sarsour, seorang tunanetra yang menjadi relawan untuk mencoba rompi ini menyebutkan, dirinya sangat terbantu dengan rompi yang dipakainya ini. “Rompi ini benar-benar hebat,” ujarnya. (RR/SS)

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *