Jumat , 21 Juli 2017
Home / Internasional / Kakek 68 Tahun di Nepal Tak Malu Kembali Bersekolah
kakek-di-Nepal-jadi-murid-tertua
Durga Kami, Kakek 68 tahun yang tak malu kembali bersekolah (foto: guardian)

Kakek 68 Tahun di Nepal Tak Malu Kembali Bersekolah

Edupost.id – Meski sudah berusia 68 tahun, seorang kakek di Nepal tak malu untuk kembali bersekolah. Ia tetap bersemangat belajar meskipun menjadi murid SMA tertua.

Durga Kami melakukan hal itu untuk menghilangkan kesedihannya karena ditinggal meninggal istrinya. “Untuk melupakan kesedihan, saya pergi ke sekolah,” ujar Durga Kami, seperti dilansir Guardian.

Ayah dari enam anak dan kakek dari delapan cucu ini ingin tetap bersekolah hingga akhir hayatnya. Bahkan, ia sempat bercita-cita ingin menjadi guru.

Seorang guru di sekolah, DR Koirala, mengajak Durga Kami untuk kembali ke sekolah. Ia memberinya alat tulis dan seragam sekolah termasuk celana panjang abu-abu, dasi dan kemeja putih. “Ini adalah pengalaman pertamaku mengajar orang yang berusia seperti usia ayahku. Saya merasa sangat senang dan bahagia,” ungkap Koirala.

Teman-teman sekelasnya yang berusia 14-15 tahun mengaku heran dengan kehadiran Durga Kami di sana. “Dulu aku berpikir, ‘mengapa orang tua ini datang ke sekolah untuk belajar bersama kami?’, Tapi seiring waktu berlalu aku menikmati hal itu,” kata Sagar Thapa, salah satu teman sekelas Durga Kami.

Mereka memanggil Durga Kami dengan sebutan “Baa”, yang berarti “ayah” dalam bahasa Nepal. Meskipun Durga Kami sudah berusia lanjut, ia tetap aktif mengikuti semua kegiatan di sekolahnya termasuk bermain voli.

“Dia memang sedikit lemah dalam menerima pelajaran dibandingkan dengan kami tetapi kami membantu dia keluar dari masalah itu,” tambah Sagar Thapa.

Durga Kami mengatakan, ia ingin belajar hingga tutup usia. Ia berharap, hal itu akan mendorong orang lain untuk mengabaikan kendala usia dalam mengenyam pendidikan.

“Jika mereka melihat orang tua dengan janggut putih seperti saya belajar di sekolah, mereka mungkin akan termotivasi juga,” imbuhya. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *