Kamis , 21 September 2017
Home / Internasional / Kartun Nabi Muhammad akan Dimuat di Buku Pelajaran Sekolah Denmark

Kartun Nabi Muhammad akan Dimuat di Buku Pelajaran Sekolah Denmark

DENMARK- Asosiasi Guru Agama di Denmark berencana memasukkan gambar kartun Nabi Muhammad ke dalam buku teks pelajaran sekolah.

Presiden Asosiasi Guru Agama Denmark, John Rydahl mengungkapkan,  dengan mempelajari kartun Nabi Muhammad akan membuat anak-anak memahami hubungan antar agama serta isu sosial dan politik.

“Krisis Muhammad ini jadi isu yang cukup mencolok dalam pendidikan agama dan saya heran mengapa belum ada buku teks yang bergambar Nabi Muhammad,” ujar Rydahl, seperti dilansir BBC.

Kementerian Pendidikan Denmark menyebutkan, pengajaran dengan media kartun Nabi Muhammad itu saat ini belum wajib, tapi banyak sekolah memilih menyampaikan topik itu saat pelajaran sejarah atau studi sosial.

Sejumlah politisi Denmark, menyetujui usulan dari asosiasi tersebut. Partai Rakyat Denmark yang beraliran kanan menyerukan, gambar kartun nabi itu menjadi bahan bahasan dalam pelajaran agama.

Sedangkan, partai dari kelompok konservatif dan Sosial Demokrat menilai, mereka tidak ingin materi itu diwajibkan dalam pelajaran agama karena para guru seharusnya bisa memilih sendiri materi yang ingin mereka ajarkan.

Juru bicara dari Partai Konservatif menyatakan, wajar jika materi kartun nabi itu masuk dalam buku teks sekolah.

Kartun Nabi Muhammad SAW pertama kami muncul di Denmark pada koran Jyllands-Posten di 2005. Peristiwa itu langsung memicu kemarahan dari kalangan muslim di Denmark. Bagi umat Muslim, ada larangan untuk menggambarkan wujud fisik Nabi Muhammad SAW dalam bentuk gambar atau sejenisnya. Hal ini perlu dihormati oleh umat agama lain.

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *