Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Internasional / Kudeta Turki, 600 Sekolah Ditutup dan 21 Ribu Guru Dipecat
Kudeta-Turki-600-Sekolah-Ditutup-dan-21-Ribu-Guru-Dipecat
Ilustrasi: Siswa Memakai Topeng saat Demo di Turki Tahun Lalu. (Foto: ccmonitor)

Kudeta Turki, 600 Sekolah Ditutup dan 21 Ribu Guru Dipecat

Edupost.id – Sebanyak 600 sekolah swasta dan asrama ditutup pasca terjadinya kudeta di Turki beberapa waktu lalu. Selain itu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga telah memecat 22 ribu pekerja pelayanan pendidikan yang sebagian besar terdiri dari 21 ribu guru di sekolah swasta.

Seperti dilansir denverpost, Erdogan mengungkapkan dalam sebuah wawancara di TV Al-Jazeera, kelompok kudeta mungkin masih aktif di minggu ke depan. “Saya tidak berpikir kita telah sampai pada akhirnya,” ujarnya.

Menurutnya, seorang ulama, Fethullah Gulen, telah berusaha untuk menyusup ke sistem pendidikan. Selain itu ia juga telah menyusup ke lembaga lainnya di Turki untuk memaksakan kehendaknya. Gulen mengemban moderasi dan multi-rukun iman.

Sementara itu, Kementerian pendidikan mengatakan pihaknya memutuskan untuk menutup 626 sekolah swasta dan instansi lain yang berada di bawah penyelidikan. Hal itu untuk kejahatan terhadap tatanan konstitusional dan menjalankan perintah itu. Sejumlah sekolah terkait dengan Gulen, mantan sekutu Erdogan yang tinggal di pengasingan di Pennsylvania, telah membantah tuduhan bahwa ia direkayasa dalam upaya kudeta yang digagalkan pasukan keamanan dan pengunjuk rasa setia kepada pemerintah.

Selanjutnya, Turki menuntut pengunduran diri dari 1.577 dekan universitas. Tuntutan lainnya yaitu penghentian tugas bagi akademisi negara asing yang dipekerjakan. Sebanyak 50 ribu pegawai negeri sipil juga telah dipecat. (Nisa)

Check Also

KPK Ajak Guru Bangun Generasi Muda Anti Korupsi melalui Lomba

Edupost.id – Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengajak guru se-Indonesia untuk mengikuti lomba membuat karya tulis, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *