Selasa , 23 Mei 2017
Home / Internasional / Lima Sekolah Paling Inovatif di Amerika

Lima Sekolah Paling Inovatif di Amerika

Edupost.ID – Sejumlah sekolah di Amerika memiliki kurikulum dan fasilitas yang inovatif untuk menarik minat belajar para siswanya. Ada sekolah yang memasang panel surya di ruangan kelasnya dan terobosan lainnya. Seperti dilansir CNN, berikut ini lima sekolah yang paling inovatif di Amerika.

1. STAR School (Flagstaff, Arizona)

Sekolah ini memiliki piagam K-8 mengenai ramah lingkungan. Fasilitas yang mendukung program ramah lingkungan yaitu memiliki fasilitas perpustakaan yang menggunaan 245 panel surya. Fasilitas yang dibuka sejak tahun 2001 ini juga menggunakan dua generator angin. Selain itu, sekolah ini memiliki program bertani. Program ini mengajak siswa untuk menanam dan memanen hasilnya yang kemudian dikonsumsi untuk makan siang. Kemudian, terdapat program pergi ke peternakan terdekat, Navajo, yang bertujuan untuk mengenalkan siswanya tentang lingkungan, pertanian dan masyarakat setempat.

2. Clintondale SMA (Clinton, Michigan)

Sekolah ini memiliki program pertukaran kelas. Sebagian besar waktu siswa dihabiskan di kelas untuk mengerjakan proyek dan tugas mereka. Kemudian satu jam setelahnya mereka habiskan di rumah untuk mengulang pelajaran, sebelumnya melalui video, audio dan latihan tertulis. “Kami melakukan ini karena kami ingin membantu setiap siswa agar lebih maju ketika di kelas,” ujar Greg Green, pengawas dari Clintondale Komunitas Sekolah. Green mengatakan program ini menunjukkan hasil yang menjanjikan sejak diimplementasikan pada tahun 2010. Sekolah ini sudah menunjukkan tingkat kelulusan 100% serta mengurangi tingkat kegagalan dalam bahasa Inggris 33% dan matematika 31%.

3. E3 Civic High (San Diego, California)

SMA ini terletak di dalam Perpusatakaan Umum San Diego pada tahun 2013. Perpustakaan ini tidak hanya sebagai rumah, tetapi juga asisten bagi siswa. E3 memiliki jumlah siswa sebanyak 409 orang, yang memiliki akses ke lebih dari 1,2 juta buku perpustakaan, auditorium, galeri seni dan ruang baca. Ruang kelas didesain dengan berbagai furnitur yang unik dan terdapat dinding yang dikhususkan untuk para siswa menuangkan ide mereka. Semua siswa juga diberikan komputer MacBook Air yang bisa dibawa pulang.

4. Sekolah FIRSTLINE (New Orleans, Louisiana)

Sekolah ini terdiri dari  TK, SD, SMP, SMA yang memiliki piagam K-12 berisi program pendidikan pangan dan kesehatan jasmani. Selain itu, sekolah ini memberikan pengalaman bagi para siswanya untuk berkebun dan memanen hasilnya yang kemudian akan mereka masak sendiri. Setiap sekolah memiliki kebunnya sendiri. Siswa juga bisa menjual produk mereka di pasar petani lokal.

5. Alliance School (Milwaukee, Wisconsin)

Alliance School yang didirikan pada tahun 2005 ini adalah sekolah pertama di Wisconsin yang memiliki misi mengurangi bullying. “50% dari siswa kami diidentifikasi sebagai LGBT,” ujar Tina Owen, salah satu pendiri sekolah. Sebanyak 76% siswa berasal dari keluarga yang berpenghasilan rendah dan 28% penyandang cacat sehingga sebagian besar dari 196 siswa mengalami intimidasi. Tina Owen menerangkan bahwa sekolahnya mengajarkan setiap siswa untuk menyebarkan pesan anti-intimidasi ke lingkungan sekitar.  (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *