Kamis , 25 Mei 2017
Home / Internasional / Mahasiswa Ini Bangun Rumahnya Sendiri Demi Menghemat Uang

Mahasiswa Ini Bangun Rumahnya Sendiri Demi Menghemat Uang

Edupost.ID – Christopher Cerk (21) seorang mahasiswa jurusan ilmu komputer Universitas Michigan berhasil membangun rumahnya sendiri dengan ukuran 170 meter persegi. Ia menghabiskan 13.000 dollar untuk membeli bahan dan membangun rumahnya selama dua tahun terakhir.

Dia mengharapkan untuk menyimpan uang lebih dan ingin memiliki tempat tinggal setelah ia lulus.

Cerk tidak memberitahu kepada media di mana letak rumah yang ia bangun karena hal itu mungkin melanggar aturan pemerintah kota Arbor. Di sana harusnya sebuah rumah memiliki ukuran 450 kaki atau lebih. Cerk memiliki izin dari pemilik properti untuk tetap berada di sana dan mendapatkan air dari pemiliknya.

“Pada tahun pertama saya tidak begitu menikmati tinggal di asrama jadi saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda,” katanya. “Saya mulai mencari cara lain untuk hidup. Saya ingin menyimpan semua uang yang digunakan sebagai uang sewa, untuk sesuatu yang lain,” ungkapnya.

Rumah mungil yang ia bangun memiliki toilet kompos dan dua panel surya 100 watt yang cukup untuk membuat jus, mengisi batre ponsel dan laptopnya, serta dapat memberikan pencahayaan. Selain itu, ia memiliki penghangat ruangan dan tempat untuk memasak.

“Saya memiliki jiwa petualang dan saya sangat ambisius. Saya pikir ini langkah yang bagus untuk menggunakan ruang lebih efisien dan hidup dengan cara yang lebih terarah dan sederhana,” tuturnya.

Usaha Cerk untuk membangun rumah kecil ini mendapat perhatian dari banyak orang. Orang yang setuju dengannya, mengatakan hal yang dilakukan Cerk itu lebih menghemat biaya karena lebih murah dan mudah untuk dipertahankan. Tapi bagi mereka yang tidak setuju dengan hal tersebut, mereka mengatakan hal itu berbahaya karena ada resiko terjadinya kebakaran juga mengurangi nilai properti perumahan di sekitarnya. (Iyes)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *