Jumat , 26 Mei 2017
Home / Internasional / Mahasiswa Louisville Ciptakan Tangan Robot untuk ABK

Mahasiswa Louisville Ciptakan Tangan Robot untuk ABK

Edupost.ID – Mahasiswa tim bioteknologi di Universitas Louisville menciptakan tangan robot untuk seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) beberapa waktu yang lalu. Seperti yang dilansir dari nydaillynews, mereka memberikan tangan robot kepada Lucas Abraham yang lahir tanpa jari di tangan kanan.

Tim bioteknologi khusus menciptakan robot tangan dengan warna yang menarik untuk Lucas yang berusia enam tahun. “Pada dasarnya siswa mengembangkan tangan palsu yang disesuaikan dengan tangan Lucas agar ia lebih mandiri sepanjang hari,” ungkap profesor bioteknologi Gina Bertocci dalam sebuah video Courier Journal.

Tangan robot diciptakan dengan menggunakkan perangkat lunak open source dengan harga yan terjangkau kemudian dicetak dengan printer 3-D di universitas. Mereka menciptakan tangan robot dengan berbagai warna untuk Lucas. Salah satunya hijau terang, merah dan yang bisa menyala dalam gelap. Tangan robot yang menyala dalam gelap dibuat dari bahan Lego. Sedangkan tangan robot yang berwarna merah, dijuluki Spiderman.

“Bagi kita, melihat senyum Lucas di wajahnya dan mampu berinteraksi dengan teman-temannya merupakaan kebanggan tersendiri,” tambah Bertocci.

Kabel tendon digunakkan dalam tangan robot agar mampu meniru gerakan manusia dan Lucas mampu mengontrol dengan menekuk pergelangan tangannya. “Ini benar-benar keren ketika aku masuk ke sekolah dan semua orang seperti, ‘Whoa! Lihatlah tangan itu!” ujar Lucas.

Orangtua Lucas senang karena anak mereka untuk kali pertamanya mampu memegang cangkir dengan tangan kanan. “Dia menginginkan mempunyai tangan robot, mungkin sejak usia dua tahun dan menurut saya ini bagus karena bisa terwujud sekarang,” kata Rachel Abraham, ibu Lucas. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *