Kamis , 21 Juni 2018
Home / Internasional / Masyarakat Inggris Anggap Pelajaran Agama Tidak Penting
Belajar-Bahasa-Inggris-melalui-Permainan-Berburu-Harta-Karun
Siswa sedang Menulis Kosakata Bahasa Inggris di Kertas. (Foto: holyfamilygreenbay)

Masyarakat Inggris Anggap Pelajaran Agama Tidak Penting

Edupost.id – Sebuah jajak pendapat yang dilakukan YouGov, menyebut, masyarakat Inggris menganggap studi agama sebagai salah satu mata pelajaran yang paling tidak penting yang diajarkan oleh sekolah menengah.

Dilansir dari scularism.org, dari 18 sampel mata pelajaran yang disurvei pada 18-19 Desember 2017 itu, pendidikan agama berada di peringkat 15 atau keempat dari bawah bersama mata pelajaran drama, klasik, dan latin.

Lebih dari separuh responden menganggap pelajaran agama tidak terlalu penting atau tidak penting sama sekali. Hanya 12 persen responden yang menganggap itu sangat penting.

Padahal, untuk pelajaran kewarganegaraan, 60 persen responden memandangnya penting. Begitu pula pendidikan seks yang dianggap penting oleh 85 persen responden, pelajaran sejarah yang dinilai penting oleh 84 persen responden, dan geografi oleh 83 persen.

Pada Desember 2017, National Secular Society (NSS)–organisasi yang mendorong terwujudnya masyarakat sekuler di Inggris–justru meminta pelajaran agama bisa didapatkan oleh siswa, bersamaan dengan kurikulum tentang keragaman.

Permintaan NSS itu merupakan langkah untuk menindaklanjuti laporan Komisi Pendidikan Agama Inggris yang menyebut pendidikan agama di Inggris menghadapi masa depan berbahaya.

“Semua anak dan remaja harus mendapatkan pendidikan dasar secara komprehensif dan seimbang tentang berbagai pandangan dunia yang berbeda,” kata juru kampanye pendidikan NSS, Alastair Lichten.

Sementara Dewan Pendidikan Agama Inggris dan Wales (REC) menyoroti kurangnya jumlah guru pendidikan agama. Mereka tengah giat berkampanye untuk merekrut guru agama dari para tenaga ahli.

“Kami setuju dengan REC bahwa guru spesialis sangat penting untuk menjaga agar siswa mendapat informasi yang benar,” kata Lichten. (Andi)

Check Also

Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan

UAD Jadi PTS Terbaik 2018 Versi SINTA

Edupost.id – Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kasiyarno mengatakan, kampusnya telah menjadi Perguruan Tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=