Rabu , 14 November 2018
Home / Internasional / Mengejutkan ! Singapura Ubah Pendidikannya, Tak Lagi Kejar Nilai Akademik
Beasiswa di Singapura
Singapura

Mengejutkan ! Singapura Ubah Pendidikannya, Tak Lagi Kejar Nilai Akademik

Edupost.id – Selama ini Singapura dikenal dengan paradigma pendidikannya yang sangat menekankan pada kesempurnaan nilai akademik. Namun, belakangan ini Singapura mengubah pendekatan yang mereka anut.

Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye Kung memberi pernyataan, seperti yang dilansir straitstimes.com pada September lalu. Paradigma yang ingin diubah ialah “Belajar bukan berkompetisi” dan berencana melakukan serangkaian perubahan bertujuan untuk mengurangi kompetisi nilai antar siswa dan lebih mendorong siswa berkonsentrasi pada pengembangan pembelajaran dan diri mereka sendiri.

Mulai 2019, ujian atau tes untuk siswa sekolah dasar (6 tahun) dan sekolah menengah (4 tahun) akan dihapus.  Buku rapot tidak akan lagi mencantumkan rata-rata kelas, nilai total, nilai minimum dan maksimum dan tentunya rangking akan dihilangkan.

Kementerian Pendidikan Singapura mengungkapkan, guru akan menilai perkembangan pembelajaran siswa melalui diskusi, pekerjaan rumah dan kuis. Sekolah akan menggunakan pendekatan “deskripsi kualitatif” sebagai pengganti nilai.

Sedangkan, untuk siswa siswa tingkat akhir sekolah dasar dan sekolah menengah, nilai untuk setiap mata pelajaran akan dibulatkan dan disajikan sebagai bilangan bulat, tanpa angka desimal agar tidak terlalu berfokus pada nilai akademik.  Kebijakan yang diambil Singapura tidak lagi mengejar pada kesempurnaan akademis namun kini lebih kepada pengembangan kemampuan interaksi sosial dan kompetensi dalam mengambil keputusan.

Praktik pembelajaran di kelas akan disesuaikan dengan kebutuhan industri sehingga lulusan siap bekerja di berbagai sektor layanan yang terus berkembang. Serangkaian program pembelajaran terapan dijadwalkan dimulai pada tahun 2023 untuk meningkatkan pengembangan pribadi dan membantu siswa memperoleh keterampilan di dunia nyata. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=