Selasa , 24 Januari 2017
Home / Internasional / Museum di Brazil Ini Jadi Sorotan Dunia

Museum di Brazil Ini Jadi Sorotan Dunia

Edupost.ID – Museum yang terletak di Rio de Janeiro, Brazil ini memiliki keunikan, diantaranya memiliki bentuk menyerupai dinosaurus. Museum yang biasa disebut Museu do Amanhã atau Museum of Tomorrow tersebut termasuk bangunan yang paling menarik hingga menjadi sorotan dunia. Seperti dilansir dari The Guardian, museum itu merupakan hasil dari pencampuran ilmu pengetahuan dan seni.

“Ketika orang berpikir tentang ‘Masa Depan’, biasanya tampak sangat jauh. Itu sebabnya kami menyebutnya dengan kata ‘Besok’, maknanya lebih dekat. Hal ini tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini,” ujar Hugo Barreto, Kepala Direktur Konten Museum.

Museum yang baru dibuka beberapa waktu yang lalu ini menjadi pusat perhatian para wisatawan baik domestik maupun internasional. Walikota Eduardo Paes mengatakan, museum tersebut merupakan bangunan yang paling mencolok serta menjadi regenerasi dan gentrifikasi distrik pelabuhan Rio.

Sepuluh tahun yang lalu daerah sekitar pelabuhan adalah wilayah yang penuh dengan kejahatan dan kemiskinan. Catalan Santiago Calatrava, perancang museum mengatakan bagian dalam museum ini terinspirasi oleh Bromelia di Rio Botanical Gardens. Namun, kurva bercat putih itu lebih mengingatkan pada tahun 1960-an tentang modernisme konkret Oscar Niemeyer.

Pameran yang disuguhkan oleh museum ini seluruhnya difokuskan pada ide, bukan pada objek. Selain itu, terdapat wahana portal kosmik berisi film yang disutradarai Fernando Meirelles tentang perubahan geologi dan evolusi alam. Film ini diputar selama delapan menit dan diproyeksikan sembilan proyektor di dalam sebuah ruang teater berbentuk telur.

Wahana lainnya menerangkan tentang DNA, sistem syaraf, kebutuhan hidup manusia, kebudayaan dengan 1.200 gambar dan lain-lain. Jantung dari museum ini berupa Cluster Stonehenge atau totem digital dengan berbagai macam data dan gambar tentang Anthropocane, era dimana manusia telah menjadi bagian dari geologi. Selain itu, terdapat video tentang masalah yang dihadapi oleh bumi seperti kebakaran hutan, pencarian gletser, kepadatan lalu lintas, tanah longsor, udara beracun, penipisan ozon, emisi gas rumah kaca, angka terbaru pada konsumsi energi dan lain-lain.

“Kami berharap orang-orang yang keluar dari museum ini akan terinspirasi. Jika mereka merasa pesimis, itu bukan karena kita, itu karena realitas. Semua yang ada di museum ini didasarkan pada ilmu pengetahuan terbaik,” ujar kurator Alberto Oliveira.  (Nisa)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *