Kamis , 30 Maret 2017
Home / Internasional / Profesor Oxford Pecahkan Misteri Matematika Berumur 300 Tahun
Profesor oxford pecahkan misteri matematika
Profesor Oxford pecahkan misteri matematika berumur 300 tahun

Profesor Oxford Pecahkan Misteri Matematika Berumur 300 Tahun

Edupost.id, Inggris – Profesor Matematika di Universitas Oxford, Inggris berhasil memecahkan teka-teki matematika yang berumur 300 tahun. Seperti yang dilansir dari Telegraph, Sir Andrew Wiles memenangkan hadiah £ 5 ribu berkat Teori Terakhir Fermat atau Fermat’s Last Theorem. Ia dianugerahi Abel Prize dari Akademi Sains dan Surat Norwegia.

Sebelumnya, ia telah membuktikan teorinya yang diterbitkan pada tahun 1994. Andrew akan mengambil penghargaan dan cek enam juta Norwegian Krone (£ 495 ribu) dari Putra Mahkota Haakon dari Norwegia, Oslo pada bulan Mei. Menurutnya, penghargaan yang diraihnya merupakan sebuah kehormatan.

“Persamaan Fermat adalah gairah saya dari usia dini, dan pemecahan itu memberi saya rasa percaya diri yang besar,” ujarnya.

Andrew berharap, temuannya dapat menginspirasi banyak orang. Terutama generasi muda untuk mengambil program studi Matematika. Pertama kali Fermat dirumuskan oleh matematikawan Perancis, Pierre de Fermat pada tahun 1637. Teorema tersebut, menyatakan ‘tidak ada solusi seluruh nomor ke persamaan xn + yn = zn ketika n lebih besar dari 2’.

Sementara, Abel Prize diciptakan pada tahun 2002 dan matematikawan Niels Henrik Abel menamainya Norwegia yang meninggal pada 1829. Penghargaan diberikan setiap tahun juga dimenangkan ahli matematika dan ekonom Amerika, John F Nash Jr, seperti dalam filmnya A Beautiful Mind tahun 2001. (Nisa)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *