Rabu , 13 Desember 2017
Home / Internasional / Ratusan Mahasiswa Myanmar Aksi Protes RUU Pendidikan

Ratusan Mahasiswa Myanmar Aksi Protes RUU Pendidikan

MYANMAR- Ratusan mahasiswa Myanmar melakukan unjuk rasa menolakrancangan undang-undang pendidikan (2/3). Pihak keamanan berusaha membubarkan massa, namun tidak berhasil.

Pihak keamanan di kota Letpadan menyusun barisan untuk menghentikan sekitar 300 mahasiswa yang ingin melanjutkan pawai unjuk rasa ke Yangon, kota utama di negara Myanmar.

Pawai menolak RUU pendidikan itu dimulai di Mandalay pada bulan Januari. Alasan penolakan mahasiswa itu karena RUU ini dianggap membatasi kebebasan akademis.

Meskipun pemerintahtelah berjanji akan mengubah RUU tersebut,  para mahasiswa tetap bersikeras melakukan pawai hingga mencapai Yangon.

Ketegangan memuncak saat polisi mengepung sebuah biara di Letpadan, sekitar 130 km dari Yangon, yang menjadi tempat perkemahan mahasiswa, Senin (02/03).

Semula pengunjuk rasa setuju untuk menghentikan pawai setelah menggelar perundingan dengan pemerintah. Namun akhirnya mahasiswa tersebut memutuskan untuk meneruskan unjuk rasa itu.

Akhirnya pada hari Selasa 3 Maret, polisi mengerahkan tiga meriam air dan beberapa truk peralatan antihuru-hara serta mengingatkan akan menegakkan ‘hukum dan ketertiban’ jika pengunjuk rasa tiba di Yangon.

Polisi juga meminta para mahasiswa membubarkan diri dengan batas waktu pukul 16.00 waktu setempat. Namun hingga batas akhir waktu yang diberikan, para mahasiswa belum juga membubarkan diri. Walau demikian tidak ada laporan insiden antara polisi dan para mahasiswa.

Sebelumnya, aksi prodemokrasi di negara ini pada tahun 1988 sempat berakhir dengan kekerasan hingga memakan korban mencapai ribuan orang. (bbc/EI)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *