Kamis , 27 Juli 2017
Home / Internasional / ReThink, Aplikasi Anti Cyberbullying Buatan Siswa India

ReThink, Aplikasi Anti Cyberbullying Buatan Siswa India

Edupost.ID – Bahaya cyberbullying saat ini tengan mengincar para remaja. Seperti yang dilansir dari BuzzFeed, Trisha Prabhu, siswa15 tahun berkebangsaan India ini berhasil membuat ReThink untuk menghindari bahaya cyberbullying.

Aplikasi ReThink akan menghentikan para pengguna teknologi, khususnya remaja untuk menulis sebuah pesan yang mengarah kepada cyberbullying. Aplikasi ini dilengkapi dengan munculnya kotak kecil di layar yang berisi peringatan ketika pengguna mengetik sebuah pesan yang mengarah kepada cyberbullying. Hal ini akan membuat pengguna berpikir kembali ketika akan mengirim pesan kepada seseorang.

Trisha Prabhu adalah salah satu siswa SMA di Illinois. Pada walnya, Trisha Prabhu mendengar berita seorang gadis berumur 11 tahun yang mengakhiri hidupnya dengan cara menceburkan diri ke dalam penampungan air karena menjadi korban cyberbullying. Setelah kejadian tersebut, ia mula berpikir dan menemukan sebuah cara untuk menghentikan cyberbullying.

“Bagaimana mungkin seorang gadis yang lebih muda dari saya terjun ke dalam air untuk mengakhiri hidupnya? Saya sangat terkejut, hati saya hancur, saya marah dan mulai mecari solusi bagaimana cara untuk menghentikan cyberbullying agar kejadian ini tidak pernah terulang kembali,” ujar Trisha Prabhu.

Sebuah studi menemukan bahwa lebih dari 50% dari pengguna internet adalah korban cyberbullying dan 38% lainnya berusaha bertahan dari usaha bunuh diri. Para korban beusaha untuk bertahan dari depresi, kegelisahan, tidak percaya diri dan merasa takut untuk pergi ke sekolah.

Sekitar 93% dari pengguna aplikasi ReThink milik Trisha Prabhu, merasa lebih bijak dalam mengirimkan pesan kepada seseorang. Aplikasi ini sudah tersedia dan dapat diunduh gratis di Google Play Store dan akan dikembangkan untuk para pengguna Apple dan computer dalam dua minggu ke depan.

Setelah mengembangkan ReThink, Prabhu berhasil memenangkan sejumlah kompetisi ilmiah seperti Google Science Fair 2014. Selain itu ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam acara TEDx di hadapan seluruh dunia. (Nisa)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *