Senin , 29 Mei 2017
Home / Internasional / Siswa di Inggris Diperbolehkan Buka Google Saat Ujian

Siswa di Inggris Diperbolehkan Buka Google Saat Ujian

LONDON – Jika di Indonesia, para siswa umumnya tidak diperbolehkan membuka maupun browsing internet saat melaksanakan ujian. Pemandangan yang berbeda terjadi di sekolah-sekolah Inggris. Ketua Badan Ujian Sekolah Inggris, Mark Dawe mengungkapkan bahwa siswa sekolah menengah Inggris dipersilahkan menggunakan mesin pencari internet saat ujian berlangsung.

Dawe menyampaikan bahwa penggunaan internet saat ujian mencerminkan cara belajar para siswa dan bagaimana mereka akan menerapkan ilmunya di masa depan.

Walau demikian, lanjut Dawe, siswa masih tetap membutuhkan pengetahuan dasar dan harus dibatasi waktunya saat mengunakan mesin pencari internet.

Lembaga pegiat pendidikan, Campaign for Real Education, menilai gagasan itu merupakan ‘upaya pembodohan’.

Dawe memilih pendapat berbeda tentang hal itu. Ia menunjukkan fakta yang terjadi, selama ini para siswa memilih menggunakan Google untuk menjawab pertanyaan.

Menurutnya, pengetahuan itu bukan untuk dihapal dan disimpan di memori otak melainkan sebuah pemahaman yang harus diresapi para siswa.

“Hal itu lebih merupakan pemahaman atas hasil yang Anda lihat dan bukan mengingat semua pengetahuan di kepala, karena begitulah jalannya dunia modern,” ungkapnya seperti dilansir bbc.

Namun, Dawe menuturkan, tidak semua ujian diberi akses membuka internet.

Ia mengatakan bahwa rencana kebijakan itu baru akan dilaksanakan dalam waktu beberapa pekan atau di bulan selanjutnya. Ia menegaskan, rencana ini memang akan terwujud dan sulit untuk dihindari. (IK-SS)

Check Also

Himpunan Alumni (HA) IPB

HA IPB Komitmen Kawal Hasil Konvensi Hingga Proses Terpilihnya Rektor Baru

Bogor – Proses konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2022 yang dilakukan oleh Himpunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *