Selasa , 30 Mei 2017
Home / Internasional / Siswi di Afrika Butuh Pendidikan Berkualitas dan Aman
Pelajar di Afrika
Pelajar di Afrika (foto: CNN)

Siswi di Afrika Butuh Pendidikan Berkualitas dan Aman

Edupost.id – Pada bulan April 2014, lebih dari 270 anak perempuan diculik militan Boko Haram di tengah malam dari sekolah asrama mereka di Chibok, Nigeria. Penculikan memicu protes di seluruh dunia dengan hastag di media sosial #BringBackOurGirls kampanye. Seperti yang dilansir CNN, ada beberapa organisasi yang membantu perempuan muda di seluruh dunia untuk menerima pendidikan di lingkungan yang aman.

Organisasi pertama yaitu Aid of Afrika yang merupakan aliansi organisasi nirlaba berbasis di Amerika dan Afrika. Organisasi tersebut membantu anak perempuan dari SD sampai perguruan tinggi bersekolah dan juga menyediakan buku, seragam, perlengkapan mandi dan tempat tidur untuk pesantren.

Selanjutnya yaitu World Vision yang membantu mencegah atau menghapus lebih dari 33.000 anak yang jadi pekerja sehingga mereka dapat bersekolah. Mereka juga fokus pada pendidikan anak usia dini dan SD, terutama anak perempuan.

Aliansi lainnya yang peduli dengan pendidikan siswi di Afrika yaitu Plan International dan CARE USA. Mereka menyediakan program pendidikan, air, sanitasi, kesehatan, keamanan finansial bersih dan perlindungan dari kekerasan seksual. Lalu, mereka juga membantu anak perempuan di berbagai negara menerima pendidikan dan juga bekerja dengan laki-laki dan anak laki-laki untuk mengatasi hambatan gender.

Sementara Room to Read, tidak hanya berkampanye di Afrika, tapi juga di Asia. Salah satu programnya yaaitu berfokus pada pendidikan SMA bagi anak perempuan dan membantu mereka transisi dari sekolah dan kembali ke komunitas mereka. Sementara, A New Day Cambodia lebih fokus pada pendidikan, pangan, dan papan untuk pembuangan sampah anak pemulung Kamboja. (Nisa)

Check Also

Himpunan Alumni (HA) IPB

HA IPB Komitmen Kawal Hasil Konvensi Hingga Proses Terpilihnya Rektor Baru

Bogor – Proses konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2022 yang dilakukan oleh Himpunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *