Rabu , 18 Januari 2017
Home / Internasional / Tahun 2020, SMA Finlandia Ajarkan Matematika dan Sains dengan Model Baru
sekolah-finlandia
Ilustrasi. Sekolah di Finlandia

Tahun 2020, SMA Finlandia Ajarkan Matematika dan Sains dengan Model Baru

Edupost.id- Negara Finlandia masih menjadi salah satu rujukan dunia dalam hal pendidikan. Tahun 2020 nanti, Finlandia akan mengubah sedikit model pendidikan mereka. Negara ini berencana untuk tidak mengajarkan Matematika, Fisika dan Kimia sebagai mata pelajaran tunggal, melainkan ketiga pelajaran tersebut akan diajarkan dalam tema yang lebih luas.

Guru di Finlandia akan mengajarkan Matematika dan Fisika serta Kimia dengan memasukkan tema-tema tertentu. Sebagai contoh, nantinya para siswa akan menghabiskan waktu dua jam pelajaran untuk mempelajari tema Uni Eropa. Dengan tema tersebut, para siswa juga akan sekaligus belajar Bahasa, Ekonomi, Sejarah dan Geografi. Contoh lainnya, para siswa belajar praktik di kantin yang membuat mereka bisa mempelajari Matematika, Bahasa serta ketrampilan komunikasi.

Dengan metode baru ini, walaupun siswa mempelajari teori-teori ilmiah, mereka akan tetap semangat belajar.

“Yang kami butuhkan adalah model pendidikan yang berbeda untuk mempersiapkan anak didik lebih siap bekerja,” ujar Manajer Pengembangan Pendidikan Helsinski, Pasi Silander seperti dilansir Sciencealert.

Pasi menilai, dunia pendidikan kini semakin maju. Jika dulu pegawai bank dituntut hanya pandai berhitung, namun sekarang tidak lagi demikian mereka harus memiliki kemampuan lebih.

Marjo Kyllonen, Manajer Pendidikan Helsinski, mengatakan Finlandia perlu merekonstruksi pendidikan dan membuat rencana ulang ulang sistem pendidikan yang sudah ada sehingga anak-anak lebih siap untuk menghadapi masa depan.

“Ada sekolah yang mengajar dengan cara kuno yang berguna di tahun 1990an tapi kebutuhan ini tidak sama dengan kebutuhan abad 21,” ujar Marjo.

Sebanyak 70 persen guru SMA kini sudah dilatih mengajar dengan pendekatan baru ini. Sistem baru ini akan diterapkan untuk pelajar usia 16 tahun dan diharapkan bisa berlaku di Finlandia pada 2020 mendatang.

Finlandia dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan yang terbaik. Finlandia secara konsisten, menduduki peringkat bergengsi PISA dalam bidang Matematika, sains serta membaca. (IK/SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *