Kamis , 21 September 2017
Home / Internasional / Terinspirasi Pokemon Go, Guru Ini Ciptakan Game Berburu Buku
Buku
Buku

Terinspirasi Pokemon Go, Guru Ini Ciptakan Game Berburu Buku

Edupost.id – Terinspirasi oleh keberhasilan Pokemon Go, seorang kepala sekolah SD di Belgia telah mengembangkan sebuah game online yang mengajak pemainya untuk berburu. Jika Pokemon Go mengajak pemain untuk berburu monster kartun, game yang diciptakan oleh Aveline Gregoire ini mengajak pemainnya untuk berburu buku.

Pada Pokemon Go, pemain menggunakan perangkat mobile GPS dan kamera untuk melacak makhluk virtual di sekitar kota. Sementara game versi Aveline Gregoire ini dimainkan melalui group Facebook yang disebut “Chasseurs de livre” (Pemburu Buku). Pemain mengirim gambar dan petunjuk tentang di mana mereka telah menyembunyikan buku dan pemain lain-lain pergi memburu buku-buku itu. Setelah seseorang telah selesai membaca buku, mereka “melepaskan” kembali ke alam liar.

“Ketika saya mengatur perpustakaan, saya menyadari saya tidak memiliki cukup ruang untuk semua buku-buku saya. Setelah bermain Pokemon Go dengan anak-anak saya, saya memiliki gagasan untuk melepaskan buku ke alam,” kata Gregoire seperti dilaporkan Reuters.

Meskipun game ini baru diciptakan beberapa minggu yang lalu, ada lebih dari 40.000 orang sudah mendaftar pada group Facebook Gregoire ini. Mereka menaruh bahan bacaan sumbangan mereka di berbagai titik perkotaan di Belgia.

Buku-buku yang ditaruh para sukarelawan itu pun beragam, mulai dari cerita anak-anak, sampai novel horor karangan Stephen King. Sering kali, buku itu ditemukan dalam kondisi terbungkus plastik transparan dengan rapi, agar tidak rusak oleh hujan.

Keluarga Detournay dari kota Baudour di Belgia selatan mengatakan, permainan itu sekarang menjdi bagian dari jalan-jalan pagi mereka. Mereka menemukan satu buku dan meninggalkan empat buku untuk ditemukan orang lainnya. “Kakak perempuan saya mengatakan, itu seperti berburu telur Paskah, hanya dengan buku,” kata Jessica Detournay.

Ketika mereka kembali ke rumah, mereka menerima pemberitahuan Facebook, menginformasikan bahwa seseorang telah menemukan dua dari buku-buku mereka. Saat ini Gregoire mengaku sedang memikirkan masak-masak untuk menciptakan aplikasi smartphone untuk permainan berburu buku ini. (Andi)

Check Also

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Pokemon Go Antarkan Ado Juarai Mahasiswa Berprestasi IPB

Edupost.id – Inovasi Pokemon Go ala Muhammad Murtadha Ramadhan telah mengantarkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *