Senin , 29 Mei 2017
Home / Internasional / Tiga Ahli Kimia Raih Nobel dalam Bidang DNA

Tiga Ahli Kimia Raih Nobel dalam Bidang DNA

Edupost.ID – Penghargaan Nobel dalam bidang DNA diberikan kepada Tomas Lindahl, Paul L. Modrich dan Aziz Sancar pada Rabu, (8/10). Seperti yang dilansir dari New York Times, ketiga ilmuan ini diberikan hadiah karena telah menemukan bagaimana sel memperbaiki DNA mereka dan melindungi diri dari ancaman dalam dan luar tubuh.

“(Ketiga peneliti) telah menjelaskan mekanisme dasar yang membantu untuk menjaga integritas genom kami”, ujar Claes Gustafsson, Ketua Komite Nobel Kimia, kepada wartawan di Stockholm.

Lindahl, 77 th, dari Francis Crick Institute and Clare Hall Laboratory, London, telah menemukan bagaimana sel dapat memperbaiki kerusakan DNA. Mondrich, 69 th, dari Howard Hughes Medical Institute and Duke University School of Medicine, menunjukkan bahwa sel dapat memperbaiki kesalahan dalam replikasi DNA selama pembelahan sel. Sedangkan Sancar, 69 th, University of North Carolina, Chapel Hill, mampu memetakan bagaimana sel-sel memperbaiki kerusakan DNA dari sinar ultraviolet.

Awal 1970-an, Lindahl memulai studi tentang stabilitas DNA dengan menunjukkan bahwa molekul kompleks akan cepat memburuk sehingga tidak dapat hidup di Bumi. Sancar meneliti bahwa orang yang lahir dengan cacat pada sistem ini (kerusakan DNA) jika terkena sinar matahari akan menyebabkan kanker kulit. Sedangkan Modrich menunjukkan bagaimana sel perbaikan kesalahan yang muncul selama replikasi DNA, mengurangi frekuensi kesalahan. Cacat pada sistem ini menyebabkan varian herediter kanker usus besar.

Dalam wawancara yang dimuat di situs Nobel Prize, Lindahl mengatakan, “Kemajuan harus membantu masyarakat belajar bagaimana kita bisa hidup berdangpingan dengan mengkonversi penyakit”.

Sancar, ilmuwan kelahiran Turki pertama yang memenangkan hadiah, mengatakan dia bangga dengan negaranya. Sedangkan Modrich yang tengah berlibur di New Hampshire, setelah mendengar berita itu dia tertegun dan bersyukur atas penghargaan penelitiannya. (Nisa)

Check Also

Himpunan Alumni (HA) IPB

HA IPB Komitmen Kawal Hasil Konvensi Hingga Proses Terpilihnya Rektor Baru

Bogor – Proses konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2022 yang dilakukan oleh Himpunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *