Rabu , 18 Januari 2017
Home / Internasional / Universitas di Inggris Jadi Target Serangan Hacker
hacker
Ilustrasi. Hacker (foto: null-byte)

Universitas di Inggris Jadi Target Serangan Hacker

Edupost.id – Satu dari tiga universitas di Inggris dilaporkan rawan terkena serangan cyber tiap jamnya. Situs resmi kampus yang dapat diakses khusus oleh civitas dan berisi hasil ujian, disertasi serta data pribadi ini menjadi target objek serangan hacker. Seperti yang dilansir dari Telegraph, hampir setengah dari universitas pernah mengalami serangan maya atau cyber attack.

Menurut penelitian, hampir 43 persen universitas membuktikan bahwa hasil ujian berhasil disusupi hacker. Kemudian, empat dari lima universitas mengatakan mereka percaya bahwa serangan itu terjadi karena hacker memiliki frekuensi dan keterampilan yang baik.

Penelitian yang disurvei oleh pembuat keputusan TI di 50 universitas Inggris, menemukan bahwa seperempat dari lembaga juga mengakui “kekayaan intelektual kritis” data disusupi, termasuk masalah pertahanan nasional, sosial, ekonomi dan penelitian medis.

Namun, hampir dua pertiga dari universitas juga percaya bahwa resiko serangan maya bersumber dari internal. Menurut mereka, 63 persen mahasiswanya berbahaya bagi data universitas. Lalu menurut survei, 79 persen terjadi kerusakan reputasi, 77 persen berdampak pada keamanan nasional, sementara 74 persen lainnya terpaksa menghentikan proyek penelitiannya.

Beberapa waktu lalu University of California, Berkeley melakukan penyelidikan pada 80 ribu mahasiswa, alumni dan karyawan terkait pelanggaran keamanan ke jaringan data keuangan universitas. Kasus lainnya yaitu Queen Mary, University of London, diserang pada tahun 2014 dari kelompok hacker Anonymous, yang mengaku mencuri data pribadi mahasiswa.

“Ancaman menjadi lebih canggih dan dapat berubah cukup cepat. Serangan dapat dimodifikasi oleh hacker dalam hitungan jam untuk dapat mengubah cara untuk mengambil informasi, sehingga target yang bergerak sepanjang waktu,” ujar Direktur Pemerintah Inggris dan Pelayanan Publik di Vmware, Tim Hearn. (Nisa)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *