Selasa , 28 Maret 2017
Home / Internasional / Versi THE: Tokyo University, Kampus Asia Terbaik di Dunia

Versi THE: Tokyo University, Kampus Asia Terbaik di Dunia

Edupost.id – Predikat kampus Asia terbaik di dunia kali ini diraih oleh Tokyo University, Jepang. Sementara, di tempat kedua diduduki National University of Singapore. Pemeringkatan perguruan tinggi bereputasi terbaik di dunia terbaru ini didasarkan pada Times Higher Education (THE).

Menurut THE, Jepang menempatkan 20 perguruan tingginya sebagai kampus unggulan dari 100 kampus di Asia. Sementara, dua kampus Jepang tak masuk daftar ini dikalahkan oleh tiga perguruan tinggi dari negara China.

Pemerintah China memang menggenjot kapasitas riset perguruan tingginya sehingga menorehkan prestasi. Keseluruhan ada 18 kampus China dan enam kampus lainnya dari wilayah khusus China, Hong Kong berhasil menjadi kampus unggulan di Asia.

Prestasi gemilang juga ditunjukkan berbagai perguruan tinggi Singapura. Dua kampus Singapura masuk daftar kampus Asia terbaik di dunia yaitu National University of Singapore (peringkat dua) dan Nanyang Technological University (peringkat 11). Kedua kampus ini menunjukkan perkembangan pesat dalam pemeringkatan global beberapa tahun terakhir.

Kesuksesan negara Asia lainnya dalam hal pendidikan dibuktikan juga oleh Korea Selatan. Komitmen negara ini dalam riset perguruan tinggi membuat peringkat kampus-kampus Korea Selatan melonjak naik. Tercatat ada 14 kampus masuk daftar kampus terbaik dunia, dan tiga di antaranya berada pada 10 besar.

Taiwan juga menunjukkan prestasinya dalam pemeringkatan ini dengan menempatkan 13 perguruan tingginya dalam daftar. Namun, prestasi Taiwan ini terbilang menurun karena pada pemeringkatan tahun lalu, ada 17 kampus yang mewakili Taiwan.

Karena itu, bintang kampus terbaik Asia tahun ini adalah India. Tahun lalu hanya ada tiga perguruan tinggi dari 100 kampus Asia. Berkat perubahan dan kemajuan signifikan di bidang pendidikan, India kini berhasil menempatkan 10 kampusnya dalam daftar.

Berikut ini 10 kampus Asia terbaik di dunia tahun 2014 versi Times Higher Education, seperti dilansir laman resmi THE:

1. The University of Tokyo (Jepang);
2. National University of Singapore (Singapura);
3. The University of Hong Kong (Hong Kong);
4. Seoul National University (Republik Korea);
5. Peking University (China);
6. Tsinghua University (China);
7. Kyoto University (Jepang);
8. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Republik Korea;
9. Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong);
10. Pohang University of Science and Technology (Postech), Republik Korea.

(THE/RR)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *