Selasa , 13 November 2018
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UPN Veteran Siap Berlaga di Ajang d’CATCH Bangkok

Mahasiswa UPN Veteran Siap Berlaga di Ajang d’CATCH Bangkok

Edupost.id – Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta akan mewakili Indonesia dalam ajang de-Centralized Asian Transnational Challenges (d’CATCH) di Bangkok, Thailand, pada 21-27 Januari mendatang. Pada ajang ini, 15 mahasiswa dan seorang dosen pembimbing jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran akan berlaga bersama lima negara lain.

Dosen jurusan Ilmu Komunikasi UPN, Senja Yustitia menyebut acara yang digelar di Chulalongkorn University itu adalah yang ke 15 kali dan diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Nantinya setiap tim dari lima negara akan membawakan video dengan tema yang telah ditentukan untuk kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama.

“Secara khusus saya ingin anak-anak aktif berkomunikasi. Serta ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan,” kata Senja, Jumat (19/1).

Selain Indonesia yang diwakili Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, peserta lainnya berasal dari Communication University of China (Tiongkok), University Santo Tomas (Philiphina), Kanda University of International Studies (Jepang) dan Chulalongkorn University (Thailand).

Mahasiswa yang tergabung dalam tim Indonesia adalah M. Kevin Dovara, Nada Rizqi, Malida Zulfaniazahra, Rafika Riniptasari, Erni Irdewanti, Clarisza Isabel, Monica Naomi, dan Rio Har Pratama. Selanjutnya ada Dina Setiani, Alifa Justisia, Awaludin Gilang, Jihan Anindita, Choirunnisa Nabila, Laili Choirunnissa, dan Rizky Ananda Basuki.

Selama di Bangkok, mahasiswa dari 5 negara akan melakukan presentasi dan diskusi terkait video yang telah mereka produksi sebelumnya. Perwakilan Indonesia sendiri mengusung tema ‘NEXT’ yang terbagi dalam 5 sub-tema. Yakni Alternative, Media, Food, Lifestyle dan Relationship.

Selain mempresentasikan dan mendiskusikan masing-masing video yang dibawa oleh setiap tim, para mahasiswa dari lima negara ini akan melakukan produksi bersama di Bangkok untuk menghubungkan masing-masing video dalam jalinan cerita yang sama.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Subhan Afifi mengapresiasi mahasiswa yang telah bekerja keras dan mempersiapkan video untuk dipresentasikan. Menurutnya, perbedaan bahasa dan kultur akan menjadi rintangan yangbhaus dipecahkan.

“Mahasiswa tidak hanya membuat video. Namun juga berusaha memahami dan bekerja sama. Halangan bahasa serta kultur yang berbeda, menjadi bagian dari rintangan komunikasi yang harus dipecahkan,” imbuh Subhan. (Andi)

Check Also

UPN Veteran Yogyakarta

129 Dosen UPN Veteran” Yogyakarta Terindex SINTA

Edupost.id – Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K.M.Sc mengatakan, 129 dosen UPNVY …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=