Jumat , 24 November 2017
Home / Kabar Kampus / 19 Mahasiswa Difabel Ikuti OPAK UIN Sunan Kalijaga

19 Mahasiswa Difabel Ikuti OPAK UIN Sunan Kalijaga

Edupost.ID, Yogyakarta –Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta masih berkomitmen untuk menjadi kampus inklusi dengan menerima mahasiswa difabel. Tahun ini, UIN menerima 20 mahasiswa difabel, nmaun yang terdata 19. Mereka mulai mengikuti OPAK UIN Sunan Kalijaga yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai Kamis (20/8) hingga Sabtu (22/8).

Namun, menurut data di Pusat Layanan difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga, hanya ada 19 mahasiswa difabel yang terdata. Dari jumlah itu, terdapat tuna rungu, tuna wicara, tuna netra, tuna daksa, dan autis. “Ada 20 yang diterima, tetapi yang terdata ada 19 mahasiswa,” ujar Rahma, salah satu pengurus PLD UIN Sunan Kalijaga ketika mendampingi mahasiswa difabel yang tengah mengikuti acara pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) mahasiswa baru UIN tahun 2015 di Gedung Multy Purpose kampus setempat, Kamis (20/8) pagi.

Untuk membantu para mahasiswa difabel dalam mengikuti OPAK 2015, PLD UIN menerjunkan tim pendamping. Dengan memakai id card bertuliskan sahabat inklusi, tim pendamping ini bertugas membantu komunikasi para mahasiswa difabel. “Kami membantu komunikasi dengan bahasa isyarat saat mereka mengikuti OPAK,” tambah Rahma.

Lia, salah satu mahasiswa tuna rungu yang diterima di jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengungkapkan kebahagiaanya bisa diterima di UIN. Didampingi Rahma, Lia dengan bahasa isyarat mengatakan, masuk jurusan IKS karena ia ingin bias mendapatkan pendidikan untuk bisa menyejahterakan kaum tuna rungu. Mahasiswa asal Sleman ini hanya satu di antara ribuan bahkan jutaan difabel yang berharap dapat mengenyam pendidikan yang layak. (Andi)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *