Rabu , 23 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / 34.446 Peserta SBMPTN Perebutkan Bangku ITS, Jurusan Ini Primadona!
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

34.446 Peserta SBMPTN Perebutkan Bangku ITS, Jurusan Ini Primadona!

Edupost.id – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini. tercatat sebanyak 34.446 peserta akan bersaing memperebutkan bangku kuliah di ITS. Sementara, kuota yang tersedia hanya 1.490 kursi.

Hal ini berdasarkan keterangan Kasubdit Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaan Kuliah Bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Siti Machmudah. 

“Pada SBMPTN ITS 2018 terjadi peningkatan sebanyak 3.144 peminat. Pada tahun 2017 lalu, peminat SBMPTN hanya 31.282, namun tahun ini menjadi 34.446 peminat,” terang Machmudah dalam siaran persnya, Selasa (8/5).

Terkait departemen yang paling banyak diminati di ITS, lanjut Machmudah, tercatat Teknik Sipil menjadi pilihan pertama. Kemudian disusul Teknik Informatika di posisi kedua, dan Teknik Industri di posisi ketiga.

Sebanyak 2.253 peminat berebut masuk Teknik Sipil, disusul Teknik Informatika dengan 2.155 peminat dan Teknik Industri dengan 2.057 peminat, ujar dosen Teknik Kimia ini.

Machmudah mengungkapkan, kursi yang diperebutkan di masing-masing departemen tersebut tidak sampai seratus kursi. Seperti untuk Teknik Sipil, jumlah kursi yang diperebutkan hanya 60 kursi. Kemudian Teknik Informatika hanya 72 kursi, dan Teknik Industri sebanyak 80 kursi.

Machmudah menuturkan, ketiga jurusan ini mempunyai daftar peminat yang tinggi karena adanya Revolusi Industri 4.0. Sekarang ini adalah waktu untuk memasuki era revolusi industri 4.0, selain itu pemerintah saat ini juga lagi gencar dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sehingga ketiga prodi ini sangat laris, kata Machmudah.

 

Check Also

wisuda

Perguruan Tinggi Asing Beroperasi, PTN Tak Perlu Cemas

Edupost.id – Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Prof Ir Joni Hermana mengatakan, pemberian izin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=