Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / 5.467 Maba UNY Ikuti Pembinaan Soft Skill
5.467 Maba UNY Ikuti Pembinaan Soft Skill
5.467 Maba UNY Ikuti Pembinaan Soft Skill

5.467 Maba UNY Ikuti Pembinaan Soft Skill

Edupost.id – Sebanyak 5.467 mahasiswa baru dari seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengikuti pembinaan soft skills bagi mahasiswa baru tahun 2017. Pembinaan soft skills ini diikuti mahasiswa dari jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, yang diilaksanakan mulai Rabu 16 Agustus hingga November 2017. Pembukaan telah digelar di Auditorium UNY oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd.

Ketua Pelaksana kegiatan Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd, pembinaan soft skills di UNY dilakukan dalam proses pembelajaran maupun ekstra kurikuler. UNY memfasilitasi pengembangan soft skills mahasiswa secara bertahap sejak mereka diterima. Tujuannya untuk menghasilkan insan unggul, kreatif dan inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

“Salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang dapat membentuk soft skills adalah organisasi mahasiswa,” kata Nurtanio.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa berharap, mahasiswa baru dapat mengembangkan diri masing-masing karena student center learning menjadi yang terpenting pada mahasiswa di perguruan tinggi. Pembinaan soft skills mahasiswa baru UNY dibagi atas beberapa tahap. Pada tahap awal dibina mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN, disusul SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

“Selain mengajarkan cara bersikap juga mengembangkan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual, karena ketiga kecerdasan ini harus berimbang,” kata Sutrisna.

Kegiatan soft skills diikuti oleh 5.467 mahasiswa baru dari seluruh fakultas di UNY yang terbagi atas 114 kelas. Fakultas Ilmu Pendidikan mengikutsertakan 862 orang mahasiswa barunya, sedangkan Fakultas Bahasa dan Seni 909 orang, Fakultas MIPA 847 orang, Fakultas Ilmu Sosial 673 orang, Fakultas Teknik 1.060 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan 574 orang dan Fakultas Ekonomi 542 orang.

Materi yang disampaikan dalam pembinaan ini meliputi kebijakan UNY menuju keunggulan, transformasi kehidupan kampus, pembinaan pretasi mahasiswa, dan peningkatan kesejahteraan mental mahasiswa. Selain itu juga disampaikan materi tentang etika perilaku mahasiswa, pengembangan karir, membangun organisasi kemahasiswaan yang berkarakter serta pemberdayaan potensi mahasiwa dan etika beragama. (Andi)

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *