Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / 6.797 Mahasiswa Baru UNY Ikuti Ospek
6.797 Mahasiswa Baru UNY Ikuti Ospek
6.797 Mahasiswa Baru UNY Ikuti Ospek

6.797 Mahasiswa Baru UNY Ikuti Ospek

Edupost.id, Yogyakarta – Sebanyak 6.797 orang telah dinyatakan resmi diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Secara resmi, rektor UNY Prof. Rochmat Wahab telah menerima mahasiswa baru ini pada acara Penerimaan Mahasiswa Baru dan Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK) 2016 di Gedung Olah Raga UNY Senin (22/8. Secara simbolis, penerimaan mahasiswa baru ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh rektor kepada perwakilan mahasiswa program D3, S1, S2, dan S3.

Wakil Rektor I UNY, Wardan Suyanto menyebut, keseluruhan mahasiswa baru UNY terdiri dari D3, S1, S2, dan S3. Program D3 dan S1 berjumlah 5.545 orang mahasiswa, sedangkan S2 sejumlah 1.113 mahasiswa, dan S3 sebanyak 139 mahasiswa.

Ditambahkannya, di antara tujuh fakultas di UNY, Fakultas Teknik memiliki jumlah mahasiswa baru paling besar, yaitu 1.098 mahasiswa. Jumlah mahasiswa terbanyak ke dua dimiliki Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), diikuti Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sejumlah 863 mahasiswa. Fakultas MIPA memiliki mahasiswa baru sejumlah 782 orang, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 664 mahasiswa, sedangkan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Tidak hanya dari Indonesia, mahasiswa baru UNY tahun ini juga ada yang berasal dari luar negeri. Sebanyak 8 mahasiswa berasal dari Thailand, Timor Leste, Namibia, Ruanda, dan Vietnam. Dua di antaranya adalah mahasiswa D3/S1, sedangkan sisanya S2/S3. Rektor UNY, Rochmat Wahab mengatakan, mahasiswa baru UNY tahun ini merata berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Namun, yang terbanyak berasal dari DIY.

Ditambahkan, UNY siap melayani mahasiswa dengan pelayanan yang baik, baik dalam pengembangan kualitas kepemimpinan, akademik, maupun pengembangan minat dan bakat. Pada bidang kepemimpinan, mahasiswa akan digodok melalui organisasi kemahasiswaan, baik tingkat jurusa, fakuktas, hingga universitas. Selsin itu juga melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam berbagai bidang.

Rektor juga mengatakan, UNY siap melayani mahasiswa dalam bidang akademik dengan dosen yang berkualitas. Di bidang minat bakat, mahasiswa juga akan didampingi oleh pendamping dari dalam maupun luar UNY. “Kami menyiapkan semaksimal mungkin demi melayani mahasiswa.”

Upaya ini menurut rektor demi terwujudnya lulusan UNY yang berkualitas dari segala bidang. “Kami berharap, seluruh mahasiswa belajar optimal, sehingga mereka tidak hanya menjadi mahasiswa disiplin, produktif, dan rajin, tapi juga kreatif. Sehingga, akan menjadi lulusan yang handal, unggul, dan kompetitif, dan siap menjadi pemimpin masa depan,” harap rektor. (Andi)

Check Also

UKM Bulutangkis UNY Raih Juara UNJ CUP VI 2016

UKM Bulutangkis UNY Raih Juara UNJ CUP VI 2016

Edupost.ID- Tim UKM Bulutangkis Universitas Negeri Yogyakarta raih UNJ CUP VI tahun 2016 dengan nyaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *