Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / 7.000 Maba UI Ikuti Kuliah Umum di Kamaba
7.000-Maba-UI-Ikuti-Kuliah-Umum-di-Kamaba
Mahasiswa Baru Universitas Indonesia. (Foto: ui)

7.000 Maba UI Ikuti Kuliah Umum di Kamaba

Edupost.id – Sebanyak 7.000 mahasiswa baru UI mengikuti kuliah umum di Kegiatan Awal Mahasiswa Baru (Kamaba). Semua maba berasal dari program Sarjana semua kelas (Reguler, Paralel dan Internasional) serta program Vokasi. Kamaba UI 2016 berlangsung sepanjang bulan Agustus 2016.

“Mulai 1 Agustus sampai tanggal 25 ada kegiatan,” ujar Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti.

Kamaba, lanjutnya, merupakan kegiatan pembekalan, pengarahan dan bimbingan yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru UI. Sebagai salah satu rangkaian acara pembukaan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo hadir memberikan kuliah umum bertajuk “Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas.” Dalam kuliah umumnya di hadapan ribuan mahasiswa, Panglima TNI Gatot memaparkan bahwa potensi konflik di masa yang akan datang adalah terkait perebutan energi hayati.

“Indonesia sebagai salah satu negara di wilayah ekuator memiliki potensi vegetasi sepanjang tahun dan dilimpahi kekayaan alam yang dapat dijadikan sebagai sumber energi, sumber pangan dan sumber air bersih. Kekayaan yang dimiliki Indonesia tersebut berpotensi menjadi incaran kepentingan nasional negara-negara asing di masa depan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bambang Wibawarta menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus mengalahkan lebih kurang 170.000 peserta seleksi. Ia juga berharap para mahasiswa baru mampu lulus tepat waktu dan menjadi insan yang peduli dan berperan aktif menuntaskan permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan masyarakat global.

Rangkaian kegiatan lain dari Kamaba seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik, Latihan Paduan Suara untuk kegiatan wisuda UI, Orientasi Belajar Mahasiswa, Upacara Proklamasi Kemerdekaan, Orientasi Kehidupan Kampus, dan Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa. (UI/Nisa)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

Aplikasi HaloAcara, Inovasi Tim Mahasiswa Fasilkom UI

Edupost.id – Sejumlah mahasiswa tim Fasilkom UI menciptakan sebuah laman aplikasi dengan nama HaloAcara. Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *