Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / 8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini
8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini
8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini (UGM dok.)

8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini

Edupost.id – Sebanyak 8.322 mahasiswa secara resmi diterima menjadi mahasiswa baru UGM tahun ini. Sejak Senin (7/8) hingga lima hari ke depan mereka akan mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) 2017.

“PPSMB menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari UGM. Ini menjadi perwujudan jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan,” ujar Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng dalam acara pembukaan PPSMB UGM di halaman Grha Sabha Pramana UGM.

Keseluruhan mahasiswa yang diterima terdiri dari 6.128 program sarjana dan 2.194 Sekolah Vokasi. Mereka diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, Program Beasiswa Santri Berprestasi, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi, Afirmasi Pendidikan Menengah dan 3T yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dari jumlah tersebut 2.213 diantaranya (27%) merupakan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Pada kesempatan itu, turut hadir memberikan orasi mantan Rektor UGM yang kini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pratikno mengajak para mahasiswa untuk menyerukan seruan semangat kebangsaan, semangat kebinekaan, semangat persatuan untuk bersama-sama membangun negri. “Saya Indonesia, saya Pancasila,” ucapnya diikuti oleh ribuan mahasiswa yang hadir.

Sementara, dalam orasinya, Hadi Tjahyanto mengapresiasi semangat nasionalisme maba UGM. Menurutnya, semangat nasionalisme telah menjadi bagian dari jati diri segenap generasi muda bangsa. (Andi)

Check Also

Tutup PPSMB, Maba UGM Bentuk Formasi Logo Kampus

Tutup PPSMB, Maba UGM Bentuk Formasi Logo Kampus

Edupost.id – Sebanyak 8.322 mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) membentuk formasi logo UGM dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *