Kamis , 21 Juni 2018
Home / Kabar Kampus / 9 Mobil Listrik UGM Ikut Parade Keliling Kota Jogja
Tim Mobil UGM Luncurkan Formula Bimasakti Generasi 5
Tim Mobil UGM Luncurkan Formula Bimasakti Generasi 5

9 Mobil Listrik UGM Ikut Parade Keliling Kota Jogja

Edupost.id – Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Parade Mobil Listrik Karya Mahasiswa FT UGM, Minggu (18/2). Kendaraan – kendaraan ini berkeliling Kota Yogyakarta untuk dikenalkan kepada masyarakat tentang manfaat mobil ramah lingkungan.

Koordinator Kegiatan Parade Mobil Listrik UGM Karya Mahasiswa FT UGM Yano Surya Pradana menjelaskan, berbagai jenis kendaraan listrik karya FT UGM yang turut dipamerkan mulai dari mobil, sepeda motor, becak, becak listrik hingga trike cylce. Adapun parade menempuh jarak sekitar 12 kilometer dengan kecepatan rata-rata kendaraan 15 hingga 20 kilometer per jam dan waktu tempuh diperkirakan 45 hingga 60 menit.

“Tujuan kami ingin mengenalkan kepada masyarakat akan kendaraan listrik yang ramah lingkungan untuk masa depan,” terangnya.

Ditambahkannya, ada empat mobil karya mahasiswa yang akan ikut parade, seperti Arjuna, Semar II dan tim ICA [Innovation Center for Automotive UGM].

Setelah berparade keliling kota, kendaraan listrik ini menuju ke gedung FT UGM. Di sini, berbagai kendaraan ini dipamerkan dalam pameran bertajuk Techno Day yang dihadiri pelajar setingkat SMA di DIY, Jawa Tengah dan sejumlah daerah lain di Indonesia. Pelajar itu akan diberikan berbagai informasi terkait pendidikan di Fakultas Teknik.

Rektor UGM, Panut Mulyono, mengatakan parade ini untuk menunjukkan bahwa UGM telah mampu membuat kendaraan listrik dan menguasai teknologi terkait kendaraan listrik. Kendaraan listrik menurutnya salah satu upaya mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

“Perlu diketahui bahwa peningkatan penggunaan BBM adalah di bidang transportasi, untuk itu kendaraan listrik adalah salah satu jawaban, sehingga berangsur-angsur penggunaan BBM bisa dikurangi,” kata Panut.

Menurutnya, penggunaan BBM menyebabkan pencemaran udara, seperti meningkatnya produksi karbon dioksida. Tetapi dengan penggunaan kendaraan listrik sama sekali tidak menyebabkan pencemaran udara sehingga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. (Andi)

Check Also

UGM Luncurkan Mobil Bimasakti untuk Berlaga di Jepang

Tim Semar UGM Melaju ke Driver’s World Championship London

Edupost.id – Tim mobil SEMAR URBAN GASOLINE UGM berhasil melaju ke ajang adu cepat Driver’s …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=