Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Abu Dewa, Terobosan UNY Bantu Tunanetra Deteksi Warna
Abu Dewa, Terobosan UNY Bantu Tunanetra Deteksi Warna
Abu Dewa, Terobosan UNY Bantu Tunanetra Deteksi Warna (foto: UNY)

Abu Dewa, Terobosan UNY Bantu Tunanetra Deteksi Warna

Edupost.id – Berkat terobosan tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), kini para penyandang tunanetra dapat terbantu dalam mendeteksi warna. Tim UNY ini mengembangkan ABU DEWA yang merupakan kependekan dari Alat Bantu Deteksi Warna untuk penyandang tunanetra dan buta warna.

Alat yang mereka ciptakan ini dapat mendeteksi 15 macam warna yang terdiri dari merah, merah muda, merah tua, biru, biru muda, biru tua, hijau, hijau muda, cokelat, jingga, ungu, abu-abu, kuning, putih, dan hitam.

Tim UNY itu diketuai Ageng Widi Atmoko yang beranggotakan Puput Pujiyanti, Hendriana Helda Pratama, Nony Dias Frimana dan Fenti Richa Rukmana. Tahun 2016 mereka mendapat dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang.

Ageng, Ketua Tim menjelaskan bahwa pembuatan alat ABU DEWA diawali dengan membuat rancangan ABU DEWA melalui beberapa tahapan, yakni, melakukan pemasangan komponen yang terdapat diagram alir dari mikrokontroller.

Ia menerangkan, sensor warna tersebut dapat mendeteksi warna benda yang terbuat dari kain dan kertas yang tidak mengkilap dan Buzzer. Alat itu dapat mengeluarkan suara sesuai dengan warna benda yang di-scan sedangkan LCD akan menampilkan karakter tulisan sesuai dengan warna benda yang di-scan. Lalu, tombol push button dapat bekerja sesuai dengan perancangan ABU DEWA.

“Alat deteksi warna ini sendiri akan segera diujikan lebih lanjut di Yayasan Yakatunis untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang perlu ditingkatkan,” ungkapnya. Ageng berharap, agar alat ini dapat memberikan manfaat untuk menambah ilmu serta pengalaman dalam menciptakan karya. (UNY/IK-SS)

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *