Jumat , 24 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Ajarkan Cinta Lingkungan, Mahasiswa Unpad Ciptakan “Kakecili”

Ajarkan Cinta Lingkungan, Mahasiswa Unpad Ciptakan “Kakecili”

BANDUNG – Mahasiswa Unpad menciptakan media edukasi anak-anak agar bisa lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Melalui produk yang dinamai “Kakecili”,Kalung Kecambah Cinta Lingkungan ini, anak-anak dapat belajar merawat tanaman dari benih hingga menjadi kecambah.

Tim mahasiswa Unpad terdiri dari Neneng Chulliyah, Rina Nurlina, dan Rakean Hafidz Suardaya. Dalam Kakecili ini, telah tertanam benih sayuran dengan media tanam rockwool. Anak-anak pun dilatih tanggung jawabnya dengan selalu menjaga media tanam ini agar tetap lembab dan tanamannya tidak rusak.

Karena berbentuk kalung, maka si anak dapat membawa tanamannya ini kemanapun. Kalung pun sengaja didesain menarik, agar anak-anak menyukainya, tidak hanya bagi anak perempuan tapi juga laki-laki.

Hingga saat ini, sudah ratusan item yang terjual. Selain dijual secara online, Kakecili juga dijual di sejumlah sekolah di Bandung. Untuk penjualan di sekolah, tim terlebih dahulu melakukan penyuluhan dan pengenalan produk kepada para guru, untuk kemudian dikenalkan ke anak-anak. Di beberapa sekolah, Kakecili dititipkan di kantin sekolah.

Kakecili juga sudah terjual di beberapa kota di Indonesia, dan memiliki reseller di Batam, Padang, dan Madiun. “Semoga produk ini bisa berkembang, yang pasti lebih bermanfaat untuk orang-orang, pemasarannya juga ingin lebih dikembangkan lagi. Inginnya go international,” harap Rina.

Produk tim ini maju ke Pimnas ke-28, karena itu mereka bertekad melakukan yang terbaik dan menargetkan meraih emas. (Unpad/IK-SS)

Check Also

seniman mengajar kemendikbud

Pendaftaran “Seniman Mengajar” di Daerah Terpencil Mulai Dibuka

Edupost.id – Pendaftaran kegiatan “Seniman Mengajar” yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *